4 Proyek di KPBU, Menhub Sebut Negara Hemat Rp 2 Triliun

Kompas.com - 12/12/2018, 18:06 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu (12/12/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kerja sama pemerintah dan badan usaha ( KPBU) di empat proyek strategis mampu menghemat anggaran negara untuk pembangunan infrastruktur sektor transportasi hingga Rp 2 triliun.

Keempat proyek tersebut, yakni Pelabuhan Bau Bau, Jalur Kereta Api Makassar- Pare Pare, Bandar Udara Komodo (Laboan Bajo) dan Transit Oriented Development (TOD) Poris Plawad.

"Dari empat (proyek) itu kira-kira (negara berhemat) Rp 2 triliun. (Dana) itu bisa diefektifkan untuk proyek lain," ujar Budi di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Budi mengatakan, banyak investor asing maupun dalam negeri tertarik investasi di proyek tersebut. Rencananya, pemerintah akan melakukan tender pada awal 2019.

Baca juga: Pemerintah Umumkan Pengelola Bandara Skema KPBU Januari Ini

"Yang sudah public expose dua,(jalur kereta api) Makassar-Pare Pare dan Labuan Vajo. Itu banyak banget, lebih dari 20 investor (yang tertarik). Untuk pelabuhan Bau-Bau sama Anggrek dalam persiapan. Jadi kalau saya lihat minatnya banyak sekali dan bagaimana kita memastikan dua ini jalan dulu," kata Budi.

Budi memperkirakan proyek pembangunan Bandara Labuan Bajo dan jalur kereta api Makassar-Pare Pare bisa berlangsung pada pertengahan 2019.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X