Jajal Simulasi APBN dengan "Game" Ini, Rasakan Jadi Menteri Keuangan

Kompas.com - 13/12/2018, 10:49 WIB
Simulasi APBN dari Kementerian Keuangan KemenkeuSimulasi APBN dari Kementerian Keuangan

KOMPAS.com – Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ( APBN) adalah rencana pemasukan dan pengeluaran selama satu tahun sebuah negara yang disusun oleh pemerintah dan disahkan oleh DPR.

Pemerintah dalam hal ini adalah Menteri Keuangan selaku pemimpin dari kementerian yang berfungsi sebagai bendahara negara, Kementerian Keuangan ( Kemenkeu).

Namun, sekarang siapa pun bisa mencoba menyusun APBN versi pribadi dan mencicipi bagaimana rasanya menjadi seorang menteri keuangan yang harus mengatur uang negara.

Game simulasi APBN

Anda dapat mencoba menyusun APBN dengan memainkan permainan interaktif dari Kemenkeu dengan mengunjungi laman simulasiapbn. kemenkeu.go.id.

Di sana, kita akan mengetahui banyak hal terkait aturan pembuatan APBN dan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam penyusunannya.

Misalnya fungsi APBN, sektor pengalokasian dana belanja, sumber pendapatan negara, apa yang harus diprioritaskan, batasan yang harus dipenuhi, dan sebagainya.

Dalam permainan itu, kita akan diberi kebebasan menentukan besaran nilai untuk masing-masing sektor. Sektor-sektor itu adalah pembelanjaan berbagai kebutuhan negara dan transfer dana daerah.

Baca juga: Struktur APBN 2019 Menghadapi "Winter is Coming"

Setelah itu, akan muncul pemberitahuan apakah dana yang Anda alokasikan lebih besar atau lebih kecil dari APBN tahun terakhir yang sesungguhnya.

Jika semua sektor sudah Anda lengkapi, di akhir permainan, akan muncul penilaian terhadap APBN yang Anda rancang.

Menjangkau milenial

Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti, permainan interaktif ini ditujukan untuk memberikan edukasi kepada kalangan milenial tentang APBN.

"Tantangannya adalah informasi dan edukasi yang kami sampaikan bukan isu menarik bagi penghuni media digital yang sebagian besar adalah kaum milenial," ucap Nufransa, Kamis (13/12/2018).

"Untuk itu, game menjadi salah satu tools dalam menyampaikan edukasi, lebih tepatnya simulasi secara efektif," kata dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X