Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Macet, Per 18 Desember 2018 Proyek Tol Japek Dihentikan

Kompas.com - 13/12/2018, 14:27 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua proyek pembangunan yang dikerjakan di ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) akan dihentikan mulai 18 Desember 2018. Penghentian ini dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018.

"Oleh karena itu kita sepakat mulai tanggal 18 Desember kita hentikan proyek di lapangan sampai 1 Januari (2019)," ujar Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono di Kantor Kementerian Perhubungan, Kamis (13/12/2018).

Adapun proyek pembangunan yang tengah berlangsung di Tol Jakarta-Cikampek, yakni Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Light Rail Transport (LRT) Jakarta-Bekasi Timur, kereta cepat Jakarta-Bandung (KCIC), Jalan Tol JORR II Cibitung-Cilincing, dan Cibitung-Cimanggis.

Baca juga: Menhub Minta Pengerjaan Proyek di Tol Japek Dihentikan Saat Nataru

Bambang menambahkan, pihaknya tak bisa berlama-lama menghentikan proyek-proyek tersebut. Sebab, ada beberapa proyek tersebut yang sedang dikejar target operasi.

"Kami tidak bisa menahan lama karena elevated road mau digunakan untuk mudik Lebaran, LRT juga pertengahan 2019 harus dioperasikan. Makanya hanya sampai 1 Januari, karena kalau lebih mereka akan mundur dari target yang ada," kata Bambang.

Mengenai rekayasa lalu lintas, lanjut Bambang, bersifat situasional bergantung kondisi yang terjadi di lapangan. Salah satu strategi yang dilakukan jika terjadi kepadatan, yakni pemberlakuan sistem contra flow.

"Kalau Nataru kita mungkin lakukan (contra flow) karena orang satu arah, arah Cikampek semua. Nanti setelah tahun baru ke arah Jakarta semua. Itu mungkin untuk dilakukan contra flow," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com