Kurangi Macet, Per 18 Desember 2018 Proyek Tol Japek Dihentikan

Kompas.com - 13/12/2018, 14:27 WIB
Proses pemasangan balok grider jembatan Jatiwaringin di KM 4 tol Jakarta Cikampek, Jumat (24/11/2017) Kompas.com/Setyo AdiProses pemasangan balok grider jembatan Jatiwaringin di KM 4 tol Jakarta Cikampek, Jumat (24/11/2017)

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua proyek pembangunan yang dikerjakan di ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) akan dihentikan mulai 18 Desember 2018. Penghentian ini dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018.

"Oleh karena itu kita sepakat mulai tanggal 18 Desember kita hentikan proyek di lapangan sampai 1 Januari (2019)," ujar Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono di Kantor Kementerian Perhubungan, Kamis (13/12/2018).

Adapun proyek pembangunan yang tengah berlangsung di Tol Jakarta-Cikampek, yakni Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Light Rail Transport (LRT) Jakarta-Bekasi Timur, kereta cepat Jakarta-Bandung (KCIC), Jalan Tol JORR II Cibitung-Cilincing, dan Cibitung-Cimanggis.

Baca juga: Menhub Minta Pengerjaan Proyek di Tol Japek Dihentikan Saat Nataru

Bambang menambahkan, pihaknya tak bisa berlama-lama menghentikan proyek-proyek tersebut. Sebab, ada beberapa proyek tersebut yang sedang dikejar target operasi.

"Kami tidak bisa menahan lama karena elevated road mau digunakan untuk mudik Lebaran, LRT juga pertengahan 2019 harus dioperasikan. Makanya hanya sampai 1 Januari, karena kalau lebih mereka akan mundur dari target yang ada," kata Bambang.

Mengenai rekayasa lalu lintas, lanjut Bambang, bersifat situasional bergantung kondisi yang terjadi di lapangan. Salah satu strategi yang dilakukan jika terjadi kepadatan, yakni pemberlakuan sistem contra flow.

"Kalau Nataru kita mungkin lakukan (contra flow) karena orang satu arah, arah Cikampek semua. Nanti setelah tahun baru ke arah Jakarta semua. Itu mungkin untuk dilakukan contra flow," ucap dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X