Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jonan Pastikan Pasokan Listrik Jawa-Bali Aman saat Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 13/12/2018, 20:18 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memastikan pasokan listrik di Jawa dan Bali saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 aman.

Dirinya menambahkan, pada saat libur Natal dan Tahun Baru banyak industri yang libur atau mengurangi aktivitasnya. Sehingga, cadangan tersebut bisa digunakan untuk tambahan pasokan listrik untuk kegiatan natal dan tahun baru.

"Cadangan yang tersedia saat ini sebesar 30 persen dari pasokan keseluruhan. Cadangan listrik secara standar dan disepakati minimal 30 persen. Jadi apabila ada perbaikan pembangkit maupun kebutuhan yang sifatnya insidental seperti Natal, Tahun Baru, ataupun Lebaran, pasokan listrik tetap terjaga," ujar Jonan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/12/2018).

Baca juga: Pasokan Listrik hingga Jaringan Komunikasi di Daerah Terdampak Bencana Sulteng Mulai Pulih

Sementara itu, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN Amir Rosidin menambahkan, PLN juga akan memberlakukan petugas siaga yang berjaga selama 24 untuk mengamankan pasokan selama Natal dan Tahun Baru.

"Jadi untuk petugas itu kami standby-kan di pusat- pusat GI (Gardu Induk) kita dan nanti juga pada saat acara (Natal dan Tahun Baru). Selain itu terkait sistem Jawa-Bali bebannya sekitar 70 persen, jadi beban total untuk Jawa dan Bali sekitar 27.700 MW," kata dia.

Amir menjelaskan, PLN juga sudah melakukan pemeliharaan jaringan pada H-5 Natal dan Tahun Baru dan akan dilanjutkan pada H+5.

"Nantinya untuk jaringan Transmisi, Gardu Induk, dan Distribusi tidak ada pemeliharaan. Pemeliharaan tersebut dilakukan pada H-5 dan H+5 Natal dan Tahun Baru," ucap dia.

Baca juga: PLN: Pasokan Listrik di Lombok Sudah 100 Persen Pulih

Menghadapi Natal dan Tahun Baru, daya listrik UP2B Jateng dan DIY akan dipasok dari beberapa pembangkit yang dikelola PT Indonesia Power, PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB), PLTU Tanjung Jati B, perusahaan listrik swasta (Independent Power Producer/IPP) dan transfer daya listrik dari sistem lain, dengan total Daya Mampu Netto sebesar 9.815,7 MW.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com