Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta tentang 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2018

Kompas.com - 14/12/2018, 06:55 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber Forbes

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan untuk memperebutkan tahta sebagai “the real crazy rich Indonesian” memang cukup sengit. Saling salip urutan bukan hal yang asing lagi.

Forbes, merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2018.

Dalam laporannya, jumlah kekayaan 50 orang tersebut naik cukup signifikan menjadi 129 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.870 triliun. Jumlah itu nak 3 miliar dollar AS dari tahun lalu.

Berikut daftar 10 orang paling tajir di Indonesia tahun 2018:

1. Robert Budi dan Michael Hartono

Total kekayaan mereka 35 miliar dollar. Kedua bersaudara ini meninggalkan pesaingnya dengan jarak yang cukup. Pundi-pundi mereka terutama berasal dari Bank Central Asia (BCA).

2. Susilo Wonowidjojo

Total kekayaannya 9,2 miliar dollar AS. Jumlah itu naik dibanding 2017 yang mencapai 8,8 miliar dollar AS. Kekayaan Susilo ditopang dari bisnis rokok dengan perusahaannya Gudang Garam. Pada 2018 ini Susilo berhasil naik satu peringkat dari sebelumnya.

3. Eka Tjipta Widjaja

Kekayaannya 8,6 miliar dollar AS dan ditopang dari bisnis minyak kelapa sawit. Tahun ini ia turun peringkat dari sebelumnya di posisi dua setelah kekayaannya turun dibanding tahun lalu sebesar 9,1 miliar dollar AS.

4. Sri Prakash Lohia

Kekayaannya 7,5 miliar dollar AS. Kekayaannya banyak dikontribusi dari bisnis petrokimia dengan bendera Indorama. Ia naik peringkat dari tahun sebelumnya yang berada di posisi lima dengan kekayaan 6,4 miliar dollar AS.

5. Anthoni Salim

Kekayaannya 5,3 miliar dollar AS. Bos Indofood ini mesti rela turun dua peringkat dari tahun sebelumnya. Kekayaan Anthoni tahun lalu mencapai 6,9 miliar dollar AS.

6. Tahir

Kekayannya 4,5 miliar dollar AS dari beragam bisnisnya. Pendiri Grup Mayapada ini naik dua peringkat dari posisi ke-8 tahun lalu dengan kekayaan 3,5 miliar dollar AS. 

Chairul TanjungKOMPAS/RIZA FATHONI Chairul Tanjung
7. Chairul Tanjung

Kekayannya 3,5 miliar dollar AS. Dengan CT Grupnya, Chairul Tanjug mempertahankan peringkat dan jumlah kekayaannya dari tahun lalu.

8. Boenjamin Setiawan

Kekayannya 3,2 miliar dollar AS berasal dari bisnis petrokimia dengan bendera Kalbe Farma. Boenjamin mesti rela turun dua peringkat dibanding tahun 2017 karena jumlah kekayaannya turun dari 3,6 miliar dollar AS.


9. Jogi Hendra Atmadja

Kekayannya 3,1 miliar dollar AS. Dengan bendera Grup Mayora, Jogi naik satu peringkat dibanding tahun lalu saat mengumpulkan kekayaan 3 miliar dollar AS.

10. Prajogo Pangestu

Kekayannya 3 miliar dollar AS. Kekayaannya Bos PT Barito Pacific Timber ini naik dari 2,6 miliar dollar AS tahun lalu sekaligus naik dari peringkat ke-11.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com