Jelang Akhir Pekan, Rupiah Diprediksi Menguat

Kompas.com - 14/12/2018, 08:09 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.comIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang cenderung flat membuat rupiah perkasa.

Kamis (13/12/2018) kemarin, kurs mata uang Garuda di pasar spot menguat 0,69 persen ke Rp 14.497 per dollar AS. Sementara kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) juga naik 0,28 persen jadi Rp 14.536 per dollar AS.

Analis Monex Investindo Futures Putu Agus Pransuamitra mengatakan, penguatan rupiah dipicu oleh rilis inflasi sektor konsumer AS periode November, yang stagnan di 0 persen. Angka ini lebih rendah ketimbang CPI bulan sebelumnya.

"Hasil ini mengindikasikan intensitas kenaikan suku bunga acuan akan berkurang di tahun depan," kata dia, kemarin.

Baca juga: BI: Fundamental Ekonomi Membaik, Rupiah Dipengaruhi Dinamika Global

Sementara Analis Pasar Uang Bank Mandiri Reny Eka Putri menyebut, tensi perang dagang juga turun. Ini berkat pernyataan Presiden AS Donald Trump yang menyebut tidak akan menaikkan tarif impor produk China. Sentimen positif tersebut diyakini masih akan berlanjut Jumat (14/12/2018) ini.

Pada penutupan perdagangan tadi padi, indeks dollar menguat tipis ke 97,06 dari Rabu lalu di angka 97,04. Indeks ini mencerminkan nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama dunia.

Reny memprediksi rupiah menguat dan bergerak di kisaran Rp 14.410–Rp 14.500 per dollar AS. Sedangkan Putu memprediksikan rupiah bergerak di rentang Rp 14.420–Rp 14.580 per dollar AS.

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Kurs rupiah berpotensi menguat jelang akhir pekan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.