BI: Alipay dan WeChat Pay Hanya untuk Wisatawan Mancanegara

Kompas.com - 14/12/2018, 17:16 WIB
Ilustrasi aplikasi WeChat. IstIlustrasi aplikasi WeChat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredarnya kanal pembayaran asing di Indonesia, utamanya di tempat-tempah wisata mendapat tanggapan Bank Indonesia (BI).

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Onny Widjanarko menyebut bahwa sistem pembayaran server dari luar layaknya Alipay dan WeChat Pay hanya boleh digunakan oleh wisatawan manca negara.

“Satu, tidak hanya untuk Alipay dan Wechat Pay tapi untuk semua pemain global yang ingin membawa instrumennya ke Indonesia hanya untuk wisatawan. Itu turis luar negeri yang membawa instrumennya ke sini,” ujar Onny di Thanrin Nine Ballroom, Jakarta Pusat, Jumat (14/12/2018).

Kemudian, jika para pemain asing tersebut ingin bisa digunakan untuk bertransaksi di Indonesia, mereka harus bekerja sama dengan pemain domestik sesuai Peraturan BI (PBI) yang berlaku.

“Supaya bisa ditransaksikan di Indonesia harus bekerja sama dengan pemain domestik. Sesuai peraturan di PBI uang elektronik, sudah diatur harus bekerja sama di Bank BUKU 4 atau penyelenggara jasa pembayaran domestik lainnya yang berizin dan bekerja sama dengan bank BUKU 4,” papar Onny.

Oleh karenanya, Onny pada bulan Januari mendatang akan mensosialisasikan ke beberapa merchant dan hotel-hotel utamanya di daerah wisatawan mancanegara untuk mengacu kepada aturan PBI tersebut.

“Kita di Januari 2019 nanti akan sosialisasi ke merchant dan hotel-hotel yang menerapkan itu agar memahami aturan BI,” tukas Onny.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, saat ini sistem pembayaran server layaknya Alipay dan WeChat Pay menjadi sistem pembayaran nomor satu di China dibandingkan dengan sistem pembayaran yang lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.