Jumlah Remitansi TKI Masih Rendah, Jauh Tertinggal dari Filipina

Kompas.com - 14/12/2018, 18:42 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat nilai remitansi atau transfer dana dari para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) masih sangat rendah. Bahkan, sangat jauh tertinggal dari Filipina.

Deputi Gubernur BI Sugeng mengatakan, nilai remitansi Indonesia saat ini sebesar 8,8 miliar dollar AS, sementara Filipina sebesar 24 miliar dollar AS.

"Kita malu, jumlah penduduk Filipina lebih kecil tapi nilai remitansi setahun 24 miliar dollar AS, kita hanya 8,8 miliar dollar AS. Masih jauh," ujarnya ketika memberi paparan di acara Indonesia Shari'a Economy Festival (ISEF) di Surabaya, Jumat (14/12/2018).

Baca juga: Rekening TKI Tingkatkan Remitansi dan Cegah Potongan Gaji Berlebih

Sugeng mengatakan, masih rendahnya nilai remitansi Indonesia salah satunya diakibatkan jumlah pengguna rekening bank di Indonesia masih sangat rendah. BI memperkirakan, masih ada 7 persen devisa TKI yang dikirim melalui jasa penitipan kepada orang yang dipercaya (Hawala).

Hal lain yang perlu diperhatikan menurut Sugeng, meski sudah terdapat 62 persen sistem remitansi telah berjalan secara nontunai, 30 persen dana remitansi tersebut tidak masuk ke rekening sehingga ditarik secara tunai.

Baca juga: Tekan Baya Remitansi dari Korea Selatan, BNI Gandeng GME

"Ini juga konsekuensi. Bawa uang tunai, nafsu konsumsi tinggi. beda dgn tabungan, ada sisi pembiayan secara nasional," ujar dia.

Selain itu dia juga menjelaskan, transfer dana dari TKI sangat membantu dalam menekan defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) yang merupakan permasalahan utama di Indonesia.

"Implikasinya besar, saat ini kondisi Filipina lebih sustain," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.