Bandara NYIA Ditarget Beroperasi April 2019, Melayani Penerbangan Internasional

Kompas.com - 15/12/2018, 11:34 WIB
Desain Bandara New Yogyakarta International Airport di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.handout Desain Bandara New Yogyakarta International Airport di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pembangunan New Yogyakarta International Airport ( NYIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terus dikebut.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, bandara baru tersebut ditargetkan beroperasi pada April 2019 mendatang.

"Angkasa Pura I akan mengoperasikan NYIA segera, rencananya April,” ujarnya dalam siaran pers, Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

Pada tahap awal, bandara Internasional Yogyakarta akan melayani penerbangan internasional lebih dulu. Adapun untuk penerbangan domestik ditargetkan pada 2020 mendatang.

Baca juga: Optimalisasi Bandara NYIA, Kemenhub Akan Hidupkan Stasiun Wojo di Purworejo

Nantinya bandara NYIA akan dikembangkan hingga mampu melayani 24 juta penumpang angkutan udara. Sementara untuk 2019 diperkirakan hanya bisa melayani 3 juta penumpang.

Saat dioperasikan April 2019 mendatang, NYIA hanya akan melayani penerbangan internasional. Sedangkan penerbangan domestik tetap di Bandara Adisutjipto.

Hingga saat ini progres pembangunan Bandara NYIA sudah 19 persen. Pada April 2019 pembangunan sisi udara seperti runway dan apron akan selesai 100 persen.

Adapun untuk pembangunan terminal akan digunakan sekitar 8.000 meter untuk penerbangan internasional terlebih dahulu. Setelah itu akan dibangun terminal domestik secara bertahap hingga akhir 2019.

Baca juga: Menhub: Jumlah Turis ke Jogja Masih Kalah dari Bali, tapi Lain Jadinya jika NYIA Beroperasi...

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X