China Pangkas Tarif Impor Mobil Asal AS

Kompas.com - 17/12/2018, 08:39 WIB
Ilustrasi perang dagang Thinkstock.com/andriano_czIlustrasi perang dagang

HONG KONG, KOMPAS.com - China menyatakan akan secara mengurangi besaran tarif impor untuk mobil buatan Amerika Serikat. Hal ini sebagai salah satu upaya dalam rangka negosiasi perdagangan di antara kedua negara yang sedang berseteru tersebut.

Menteri Keuangan China seperti dilansir CNN  Jumat (17/12/2018), menyatakan, akan mengurangi tambahan tarif sebesar 25 persen untuk tiga bulan dimulai pada 1 Januari 2019 mendatang.

Dengan demikian tarif bea masuk produk mobil AS tinggal 15 persen, sama dengan bea masuk dari mobil buatan negara lain.

China juga menyatakan akan menunda tarif sebesar 5 persen untuk 67 macam suku cadang mobil lainnya.

Baca juga: Dibayangi Perang Dagang, Boeing Buka Pabrik Pesawat di China

Dalam keterangan tertulis, Kementerian Keuangan China menjelaskan, keputusan untuk menghilangkan tarif sebagai aksi konkret untuk membuat hubungan yang saling menguntungkan dalam perdagangan antara dua negara.

Sebelumnya China mengenakan tarif produk mobil buatan AS pada Juli lalu. Kemudian September giliran suku cadang mobil dari AS yang terkena. Kebijakan ini salah satu bentuk aksi saling balas tarif dalam perang dagang dengan AS.

Presiden Xi Jinping dan Presiden Donald Trump dalam pertemuan di Argentina beberapa waktu lalu, sepakat untuk sementara melakukam gencatam senjata sembari berupaya melakukan negosiasi langkah-langkah dalam 90 hari berikutnya.

Sebagai informasi,  nilai dari ekspor mobil AS ke China anjlok hingga 2,4 miliar dollar AS atau sebesar 30 persen, dalam sembilan bulan pertama tahun ini.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X