Mendag Minta "Marketplace" Sediakan Hari Khusus untuk Produk Indonesia

Kompas.com - 17/12/2018, 10:24 WIB
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Jakarta Pusat, Minggu (16/12/2018) KOMPAS.com/Putri Syifa NurfadilahMenteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Jakarta Pusat, Minggu (16/12/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto akan mengajak berbagai marketplace atau portal belanja daring di Indonesia untuk mengkampanyekan produk lokal selama sehari dalam satu minggu.

"Kita akan mengajak setiap marketplace setiap Jumat tolong yang ditayangkan dan diunggah untuk produk-produk lokal. Kita akan undang lagi setiap marketplace bersama dengan Pak Rudianta (Menteri Komunikasi dan Informatika/ Menteri Kominfo) dan Pak Triawan Munaf (Kepala Badan Ekonomi Kreatif/ Kepala Bekraf) untuk mengajak mereka," ujar Enggar di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (16/12/2018) malam.

Ia menyebut, untuk portal belanja daring utamanya pemain besar setiap Jumat itu diimbau untuk menampilkan produk-produk lokal.

"Setiap minggunya, setiap Jumat, terutama yang besar-besar tampilkanlah hanya produk-produk lokal, hanya produk-produk Indonesia," tutur Enggar.

Baca juga: Tergempur Produk Asing, Bagaimana Nasib Produk Lokal?

Enggar beralasan, kalau gerakan segera diinisiasi untuk mendorong agar produk lokal semakin berjaya.

"Sebab kalau bukan kita, akan sulit sekali. Dengan marketplace akan lebih cepat penjualannya. Kita tidak anti asing, kita boleh, mereka juga bangga dengan produk mereka, kita juga mesti bangga dengan produk kita sendiri," paparnya.

Minggu pagi, Enggar diketahui mengunjungi kawasan pasar Sarinah untuk mengkampanyekan cinta produk lokal.

"Kegiatan ini untuk merefleksikan dan mengingatkan kita semua bahwa kalau bukan kita siapa lagi yang mencintai produk Indonesia?" ujarnya.

Enggar mengatakan, harinya yang dibuka dan ditutup untuk mengkampanyekan produk lokal hasil karya anak bangsa adalah momen berkesan tersendiri.

"Tadi pagi, (digerakan) Aku Cinta Produk Indonesia diawali dengan jalan sehat, diakhiri dengan hal seperti ini. Ini hari yang bahagia buat saya," sebut dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X