Millenial, Ini Tips Memulai Bisnis ala Gibran Rakabuming - Kompas.com

Millenial, Ini Tips Memulai Bisnis ala Gibran Rakabuming

Kompas.com - 17/12/2018, 15:26 WIB
Gibran Rakabuming Raka (dua dari kanan) dalam diskusi pengusaha muda pada acara Sampoerna Entrepreneurshio Training Center (SETC) Expo di Denpasar, Bali, Sabtu (15/12/2018). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Gibran Rakabuming Raka (dua dari kanan) dalam diskusi pengusaha muda pada acara Sampoerna Entrepreneurshio Training Center (SETC) Expo di Denpasar, Bali, Sabtu (15/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com — Siapa tak kenal Gibran Rakabuming Raka? Putra sulung Presiden Joko Widodo ini dikenal sebagai seorang pengusaha muda yang memiliki bisnis beragam dan sukses.

Bisnis Gibran antara lain katering Chili Pari, Martabak Kota Baru alias Markobar, hingga aplikasi bisnis kuliner Madhang.id. Profil Gibran sebagai pengusaha muda yang mandiri pun menjadi inspirasi banyak kaum muda, tanpa kecuali generasi millenial Tanah Air, untuk memulai bisnisnya sendiri.

Dalam sebuah seminar mengenai kewirausahaan bagi generasi muda yang dihadirkan pada ajang Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) Expo di Denpasar, Bali, akhir pekan lalu, Gibran memberikan sejumlah tips bagi generasi millenial untuk memulai bisnis.

Baca juga: Gibran Rakabuming: Saya Jualan Martabak Saja...

Menurut Gibran, hal pertama dan paling penting dalam memulai bisnis adalah tidak takut untuk memulai. Selain itu, generasi muda yang ingin memulai bisnis pun dipandangnya harus berani mengambil risiko.

"Kita mau berusaha (atau) enggak? Kita mau memulai enggak? Kita mau mengambil risiko enggak?" ujar Gibran.

Ayah dari Jan Ethes Srinarendra tersebut juga menyatakan, generasi muda jangan malu atau takut untuk memulai bisnis dari nol dan skala terkecil sekalipun. Pun dirinya juga menekankan agar bisnis dimulai sedini mungkin.

Ia memberi contoh bisnis kuliner Markobar yang didirikannya. Gibran mengatakan, saat ini Markobar telah memiliki 37 cabang di seluruh Indonesia, padahal mulanya hanya martabak yang dijual di pinggir jalan dan menggunakan gerobak.

"Sampai sekarang kita kembangkan sudah ada di beberapa kota besar. Jadi ya memang saya tekankan ke teman-teman, terutama anak-anak muda, jangan malu, jangan takut untuk memulai sesuatu dari nol, dari hal-hal yang sangat sederhana," ungkap Gibran.

Baca juga: Perjalanan Bisnis Gibran Rakabuming, dari Katering, Martabak, hingga yang Masih Rahasia

Tidak hanya itu, Gibran juga mengungkapkan, ketika memulai bisnis, jangan langsung memikirkan omzet yang besar atau skala besar. Jangan ragu memulai bisnis dari yang kecil dan jangan malu ketika memiliki bisnis skala kaki lima.

Namun, bisnis yang kecil tersebut hendaknya ditekuni. Sebab, Gibran memandang usaha tidak pernah membohongi hasil.

"Apa pun itu, sesuatu yang dimulai dari kecil, ditekuni, diseriusi, pasti bisa jadi sesuatu yang besar," tutur Gibran.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah memanfaatkan kemajuan teknologi, dalam hal ini adalah media sosial, untuk memajukan bisnis. Sebab, kata Gibran, media sosial sangat membantu dalam pemasaran bisnis di masa kini.

Pun, sebut dia, jangan ragu untuk mengubah pola pikir.

"Saya kira anak-anak muda harus berani memulai, berani mengambil risiko, harus mengubah mindset, habis kuliah ngelamar di mana, tapi ubah menjadi selesai kuliah, kita mau usaha apa," terang Gibran.

 



Close Ads X