Bandingkan dengan Kenya, Susi Imbau Masyarakat Stop Penggunaan Plastik

Kompas.com - 17/12/2018, 16:16 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan sambutan sebelum meresmikan Jakarta Akuarium di Pusat Perbelanjaan NEO Soho, Jakarta, Selasa (16/10/2018). Jakarta Akuarium merupakan tempat konservasi alam dan satwa laut yang memiliki konsep edutainment sekaligus menjadi sebuah destinasi wisata bagi masyarakat. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho GumayMenteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan sambutan sebelum meresmikan Jakarta Akuarium di Pusat Perbelanjaan NEO Soho, Jakarta, Selasa (16/10/2018). Jakarta Akuarium merupakan tempat konservasi alam dan satwa laut yang memiliki konsep edutainment sekaligus menjadi sebuah destinasi wisata bagi masyarakat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP) Susi Pudjiasuti mengajak masyarakat untuk segera mengurangi dan menghentikan penggunaan plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-harinya.

“Ayo mulai dari diri kita. Plastik jelek seperti gini hancurnya 450 tahun. Kalau tidak dihentikan, tahun 2030 akan lebih banyak plastik daripada ikan,” ujar Susi di Gedung Mina Bahari IV KKP, Jakarta Pusat, Senin (17/12/2018).

Ia menyebut, justru dengan mengurangi dan menghentikan penggunaan plastik malah nampak keren dan lebih bergaya.

“Jangan pakai botol-botol yang sekali pakai, jelek! Ujung-ujungnya buat sampah di laut,” tegas Susi.

Susi kemudian membandingkan dengan negara Kenya yang sudah menghentikan penggunaan plastik dari setahun lalu. Ia berpendapat, harusnya masyarakat Indonesia bisa segera memulai gerakan ini secepatnya.

“Kita kurangi dari diri kita kalau ke supermarket tolak pakai plastik. Mulai dari kita, biar Indonesia bisa bebas dari plastik. Mulailah dari diri kita supaya lingkungan lebih sehat,” ujarnya.

“Memang kita tidak malu dengan Kenya? Mereka sudah memulai gerakan ini setahun lalu,” imbuhnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X