PDB Sektor Perikanan Kuartal III-2018 Capai Rp 59,98 Triliun

Kompas.com - 17/12/2018, 18:07 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Sekretaris Jenderal Nilanto di Gedung Mina Bahari IV Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta Pusat, Senin (17/12/2018) KOMPAS.com/Putri Syifa NurfadilahMenteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Sekretaris Jenderal Nilanto di Gedung Mina Bahari IV Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta Pusat, Senin (17/12/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat nilai produk domestik bruto ( PDB) sektor perikanan kuartal III tahun 2018 naik menjadi Rp 59,98 triliun.

Sekretaris Jenderal KKP Nilanto Perbowo mengatakan, jumlah tersebut mengalami kenaikan 3,71 persen jika dibandingkan dengan kuartal III tahun 2017.

"Nilai PDB perikanan mengalami kenaikan dari Rp 57,84 triliun pada triwulan III 2017 menjadi Rp 59,98 triliun pada triwulan III 2018," ujar Nilanto di Gedung Mina Bahari IV KKP, Jakarta Pusat, Senin (17/12/2018).

Walaupun dari segi nilai bertambah, namun presentase pertumbuhannya PDB kuartal III tahun 2018 masih kalah jika dibandingkan dengan presentase pertumbuhan kuartal III tahun 2017.

Menteri KKP Susi Pudjiastuti mengatakan terjadinya perlambatan itu dikarenakan adanya perusahaan-perusahaan yang tidak melaporkan nilai besaran ekspor, sehingga menyebabkan perbedaan data.

"Nilai PDB ini kita masih bekerjasama-sama menunju single data yaitu kalau data Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) ekspor kita jauh lebih tinggi daripada data BPS, ternyata ada beberapa perusahaan yang undervalue ekspor barangnya," paparnya.

Perbedaan tersebut karena ada beberapa perusahaan agar tidak dikenai biaya tinggi untuk ekspor. Sedangkan, untuk data di karantina dicatat lebih besar untuk asuransi.

"Karena kalau ke karantina dapat asuransi jadi ditulis sesuai (nilainya). Ada yang nulisnya tidak sesuai agar bisa lebih rendah (di bea cukai). Jadi kalau sudah jadi satu nilainya berbeda," terangnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X