Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspansi Bisnis, Chandra Asri Petrochemical Dapat Fasilitas Kredit

Kompas.com - 17/12/2018, 22:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) menandatangani fasilitas kredit ekspor tanpa jaminan. Kredit ini digunakan untuk aktivitas ekspansi bisnis perseroan.

Fasilitas kredit tersebut ditandatangani pada Senin (17/12/2018). Penandatanganan fasilitas kredit dilakukan bersama The Japan Bank for International Cooperation (JBIC) dan BNP Paribas (Cabang Tokyo).

Adapun Nippon Export and Investment Insurance (NEXI) akan memberikan perlindungan asuransi untuk tranche dari BNP Paribas (Cabang Tokyo).

“Fasilitas ini akan digunakan untuk membiayai pembangunan Pabrik Polyethylene baru berkapasitas 400 KTA dengan nilai sebesar 380 juta dollar AS yang sedang berlangsung” kata Erwin Ciputra, Presiden Direktur Chandra Asri Petrochemical dalam pernyataannya, Senin.

Baca juga: Ekspansi Pabrik Genjot Bisnis Chandra Asri

Kontrak Engineering, Procurement and Construction diberikan kepada Toyo Engineering Group (TOYO) pada Agustus 2017 dan hingga saat ini, konstruksi berjalan sesuai rencana, yakni sekitar 80 persen dengan startup pabrik yang dijadwalkan pada kuartal IV 2019.

Pabrik baru tersebut akan menghasilkan High Density Polyethylene (HDPE), Linear Low Density Polyethylene (LLDPE), dan Metallocene LLDPE (mLLDPE). Pasca selesai, total kapasitas produksi Polyethylene CAP menjadi 736 KTA.

Ini sejalan dengan strategi perseron untuk mengukuhkan posisi pasar terkemuka di Indonesia.

"Permintaan pasar PE di Indonesia saat ini diperkirakan sekitar 1,4 juta TPA dan akan terus tumbuh seiring dengan PDB negara. Pabrik PE baru kami akan menyediakan sumber tambahan pasokan domestik produk PE, sehingga berkontribusi untuk substitusi impor dan mengurangi arus keluar valuta asing", ungkap Erwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com