Kisah Javara Membawa Produk Pangan Indonesia ke Mancanegara

Kompas.com - 18/12/2018, 06:00 WIB
Pendiri dan CEO Javara Helianti Hilman saat di Jakarta, Senin (17/12/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAPendiri dan CEO Javara Helianti Hilman saat di Jakarta, Senin (17/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat kaya dan sesuai untuk menciptakan ragam produk pertanian organik yang berkualitas.

Ya, kelebihan yang dimiliki Indonesia itu dimanfaatkan Helianti Hilman, selaku pendiri dan CEO Javara untuk meraup pundi-pundi uang. Bahkan, produk pertanian Indonesia dibawa Hilman untuk pentas di mancanegara.

Helianti berhasil memoles produk pertanian organik asal Indonesia disukai masyarakat Internasional.

Javara mengunggulkan produk pangan yang ditanam secara organik oleh petani Indonesia. Untuk tiap produk, Javara mengemasnya secara eksklusif dan menonjolkan sisi kearifan budaya Indonesia yang kental.

Misalnya, produk beras Javara dinamai dengan nama khas Indonesia seperti, Andel Abang, Cempo Merah, Wangi Menyan, Jenggot Netep dan Menthik Susu, dikemasnya dengan berat antara 400 gram dan 5 kilogram.

Berbeda dengan kemasan beras pada umumnya, Javara mencantumkan kisah proses pembuatan produknya yang sehat dan diproduksi oleh petani yang ada di daerah terpencil Indonesia.

Menurut Helianti, untuk masuk ke pasar global kita harus memiliki ciri khas dan bisa memahami karakteristik konsumen.

"Untuk masuk ke pasar manacanegara prinsipnya simple. Satu, kita harus create winning product, harus ada pembeda, unik. Jangan ikuti orang kebanyakan. Kedua, standarisasi produk," ujar Helianti di Jakarta, Senin (17/12/2018).

Menurutnya, pasar global menyambut positif produk Javara, sehingga dirinya terus berkomitmen untuk menjaga kualitas dan kearifan lokal Indonesia.

Kini, produk Javara telah tersebar di 23 negara yang ada di lima benua. Javara pun menggandeng puluhan ribu petani lokal untuk dipasarkan produknya di dunia internasional.

"Petani sekarang ada 54.000. kemarin kita baru sertifikasi lagi sekitar 2 ribuan," kata Helianti.

Bukan hanya beras saja yang menjadi produk andalan Javara. Produk makanan asli Indonesia lainnya yang juga disukai warga asing adalah produk gula semut alami atau coconut sugar.

Varian rasa yang beragam seperti original, vanila, jahe, temulawak dan kunyit membuat warga asing selalu ketagihan untuk menggunakannya sebagai campuran makanan dan minuman.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X