Kemenhub Temukan 6.092 Bus Tak Lain Jalan Jelang Natal dan Tahun Baru 2019

Kompas.com - 18/12/2018, 22:24 WIB
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setyadi di Kantor Kemenhub, Rabu (4/7/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setyadi di Kantor Kemenhub, Rabu (4/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019 Kementerian Perhubungan melakukan uji kelaikan atau ramp check pada moda transportasi bus. Hal ini dilakukan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan masyarakat saat libur Nataru 2019.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setyadi mengatakan, pihaknya telah melakukan ramp check terhadap 27.332 bus dari 49.000 bus. Hasilnya, 21.208 bus dinyatakan laik jalan.

"Ada sekitar 6.092 bus yang tak lolos ramp check. Kebanyakan yang berada di Jawa," ujar Budi di kantornya, Jakarta, Selasa (18/2/2018).

Budi menambahkan, untuk bus yang tak lolos ramp check akan diberikan kesempatan untuk memperbaiki kekurangannya. Setelah diperbaiki, pihaknya akan melakukan uji kelaikan kembali.

"Kami masih punya waktu dua hari lagi untuk melakukan ramp check. Saat ini sudah 65 persen bus dilakukan ramp check," kata Budi.

Budi menuturkan, uji kelaikan itu dilakukan di terminal-terminal tipe A di seluruh Indonesia. Menurut dia, ramp check juga dilakukan kepada bus parawisata.

"Untuk bus parawisata kita lakukan ramp check di pool dan tempat-tempat wisata," ucap dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X