Angkasa Pura I: 11 Investor Minat Kembangkan Bandara Lombok

Kompas.com - 19/12/2018, 05:30 WIB
Lombok International Airport (LIA) KOMPAS.com/ Karnia SeptiaLombok International Airport (LIA)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura 1 (Persero) sejak beberapa waktu lalu menawarkan proyek pengembangan Bandara Internasional Lombok kepada sejumlah investor. Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, sejauh ini ada 11 investor yang berminat untuk mengembangkan bandara tersebut.

"Sudah ada proses, sekitar 11 kandidat yang berminat masuk dalam strategic partner dengan kita," ujar Faik di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Faik mengatakan, kebanyakan dari investor tersebut merupakan investor asing. Saat ini AP I masih menyeleksi investor yang bisa masuk untuk mendanai pengembangan bandara Lombok.

Baca juga: Bandara Lombok Resmi Ganti Nama

Bandara tersebut nantinya akan menjadi model yang akan dikembangkan dengan metode kerja sama dengan mitra strategis.

"Kalau (pengembangan bandara) Lombok berjalan smooth, tidak menutup kemungkinan bandara lain. Mudah-mudahan dalam tiga bulan ini sudah ada (keputusan)," kata Faik.

Pengembangan bandara Lombok seiring upaya mendongkrak pariwisata di daetah tersebut. Sebab, Lombok memiliki keindahan alam yang potensial membangkitkan aktivitas ekonomi.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Penumpang, Bandara Lombok Tambah Kapasitas

Selain bandara Lombok, Angkasa Pura I juga tengah mengembangkan sembilan dari 13 bandara yang dikelola. Pengembangannya berupa peningkatan kapasitas bandara, mulai dari memperluas area bandara hingga menambah terminal.

Untuk 2019, Angkasa Pura I memprediksi capex mrncapai Rp 17,53 triliun. Sementara dalam jangka waktu lima tahun ke depan, modal yang mereka butuhkan untuk belanja adalah sekitar Rp 76 triliun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X