Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-fakta Unik Uang dari Seluruh Dunia

Kompas.com - 19/12/2018, 10:23 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Uang di seluruh dunia menarik untuk disimak, tidak hanya dilihat dan diketahui ecara estetis, tetapi juga soal aspek keamanan uang tersebut.

Tinta cetakan yang timbul alias intaglio, ilustrasi rinci, dan kode keamanan ditampilkan pada uang Israel, Kanada, Afrika Selatan, dan banyak negara lainnya. Australia sendiri adalah pelopor desain uang dengan teknologi tinggi, bahkan telah membuat uang kertas yang tahan air.

Mengutip dari Business Insider, Rabu (19/12/2018), berikut beberapa fakta unik uang-uang dari seluruh dunia.

1. Uang dari Australia tahan air, dan sangat sulit untuk dipalsukan

Pecahan 100 dollar Australia sering digunakan oleh kelompok kriminal untuk disimpan. (AAP/Dan Peled) Pecahan 100 dollar Australia sering digunakan oleh kelompok kriminal untuk disimpan. (AAP/Dan Peled)

Uang Australia adalah salah satu bentuk uang paling canggih di dunia, tidak hanya benar-benar tahan air, tetapi sangat sulit untuk dipalsukan karena desainnya yang rumit.

Uang Australia terbuat dari bahan yang disebut polimer, yang terasa seperti lilin, sedangkan uang kertas dollar AS dan sebagian besar desain uang lainnya lebih terasa seperti kertas.

Australia adalah negara pertama yang memperkenalkan uang kertas polimer pada 1988, dan sejak itu negara-negara seperti China dan Vietnam mengikutinya.

Salah satu fitur paling keren dari uang kertas 5 dollar Australia contohnya adalah efek bergulir visual, di mana gambar spinebill timur, burung endemik negara tersebut, pada uang kertas muncul untuk menggerakkan sayapnya saat Anda memindahkan uang kertas itu sendiri.

2. China menciptakan uang kertas sangat rumit hingga membingungkan mesin ATM

Ilustrasi: mata uang China, yuansetkab.go.id Ilustrasi: mata uang China, yuan

Yuan China berada di puncak untuk anti-pemalsuannya ketika merilis teknologi baru pada tahun 2015.

Uang pecahan 100 yuan yang dirilis tahun itu beraksen dengan emas 100 yang karenanya, diberi julukan "high-roller gold" serta dilengkapi detail rumit lainnya yang membuat mereka sulit untuk dipalsukan.

Uang kertas yang sangat besar itu sangat canggih, pada kenyataannya, mesin ATM China tidak dapat membaca pecahan ini pada awalnya, dan pemerintah harus mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa akan memerlukan beberapa hari agar mesin-mesin itu "diperbarui" untuk mengenali pecahan uang baru itu.

3. Uang kertas florin Aruba menampilkan berbagai motif binatang yang berbeda-beda

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com