Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Natal dan Tahun Baru Aman, Pemerintah Tambah Pasokan BBM

Kompas.com - 20/12/2018, 10:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memastikan kecukupan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) dan LPG menjelang Natal dan tahun baru 2019. Sebab, selama libur panjang akhir tahun aktivitas bepergian akan melonjak sebagaimana saat Lebaran.

Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, Pemerintah akan menambah pasokan BBM agar masyakarat dapat berlibur dengan nyaman.

“Saya menginstruksikan kepada jajaran BPH migas dan Pertamina untuk dapat melayani sepenuhnya kebutuhan BBM dan LPG kepada masyarakat jelang hari raya Natal ini. Penuhi semua kebutuhan masyarakat, jangan sampai ada kekurangan," ujar Jonan dalam keterangan tertulis, Kamis (20/12/2018).

Hal tersebut ia sampaikan saat meninjau Terminal BBM Pengapon, Semarang. Penambahan volume BBM akan difokuskan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pada jalur yang biasa dilalui masyarakat untuk berlibur. Termasuk pintu masuk dan keluar jalan tol serta daerah tujuan wisata.

Penambahan pasokan juga akan disesuaikan, khususnya di jalan tol yang biasa dilalui masyarakat untuk berlibur selama Natal dan Tahun Baru. Jonan meyakini, banyak masyarakat yang akan bepergian melalui Tol Trans Jawa sehingga pasokan BBM juga difokuskan ke sana.

"Sekarang tol Trans Jawa sudah selesai, volume BBM di pintu masuk dan keluarnya ditambah," kata Jonan.

Sementara untuk BBM solar konsumsi trennya turun karena kegiatan industri pada periode tersebut juga turun. Untuk memperkuat ketahanan distribusi BBM dan LPG, Pemerintah menugaskan Pertamina untuk mengamankan supply BBM dan LPG di Terminal BBM dan Depot LPG Pertamina, memperkuat layanan BBM serta LPG di lembaga penyalur,dan memberikan layanan di tempat yang rawan dengan kepadatan. Termasuk di lokasi wisata.

“Dari semua retail Pertamina, dari mulai Sumatera Utara, Aceh sampai ke Papua menyatakan kesiapannya menyambut liburan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019 termasuk kesiapan pasokan BBM untuk di daerah-daerah wisata,” kata Jonan.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero), Masud Khamid menambahkan, Pertamina akan menambah SPBU baru atau SPBU Satgas di 33 titik. Pertamina juga sudah bekerja sama dengan pengelola tol, mulai dari tol Merak hingga ke Pasuruan, termasuk juga dari Lampung sampai Palembang.

Khusus Jawa Tengah, untuk BBM jenis Gasoline (Premium, Pertalite dan Pertamax Series), disiagakan tambahan stok 11 persen dari rata-rata normal per hari 10.561 kiloliter (KL) yang naik menjadi 11.754 KL. Sedangkan untuk konsumsi LPG stok ditambahkan 10 persen menjadi 3,511 MT, dibanding rata-rata normal per hari yaitu 3,206 MT.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+