Produk Lokal Sumbang Hampir 50 Persen Pendapatan Harbolnas 2018

Kompas.com - 20/12/2018, 11:07 WIB
Ilustrasi belanja onlineShutterstock Ilustrasi belanja online

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Harbolnas 2018 Indra Yonathan mengatakan, keberhasilan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018 terbilang sukses, utamanya untuk para pemain lokal di industri kreatif ini.

Ia menyebut, tahun ini Harbolnas tidak lepas dari peran peserta, seller dan juga UKM yang ikut berpartipasi dan sama-sama berusaha dengan produk-produk unggulannya.

“Harbolnas tahun ini, memang kami fokuskan untuk membantu meningkatkan daya jual produk lokal di platform e-commerce. Kami sangat senang hampir setengah dari nilai transaksi Harbolnas tahun ini berasal dari produk lokal, yakni Rp 3,1 triliun, melampaui target kami yang hanya Rp 1 triliun," ujar Indra di Midplaza, Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2018) malam.

Menurut data dari Nielsen, produk lokal menyumbang setidaknya 46 persen dari seluruh total penjualan.

Indra mengungkapkan, memang tak ditampiknya bahwa target Harbolnas alau untuk tahun ini sangat agresif di mana secara keselutuhan peningkatannya hampir 2x dari tahun lalu. Namun, yang paling penting menurut dirinya adalah pesan "bangga produk lokal" yang digaungkan oleh Harbolnas 2018 tahun tercapai dengan hasil yang hampir setengah dari seluruh total pendapatan.

"Itu sesuatu yang sangat bagus, hal yang kami banggakan adalah pesan yang kami sampaikan tercapai. Peningkatan produk lokal cukup signifikan dari apa yang pernah kami bayangkan," paparnya.

Menurutnya, mulai dari gelaran Harbolnas kemarin, ini bisa menjadi momentum untuk masyrakat Indonesia mulai sadar dan melirik produk-produk lokal untuk tetap berjaya di Tanah Air.

"Kami berharap ini bisa menjadi titik untuk mulai mencantumkan kesadaran untuk belanja produk lokal," tutur Indra.




Close Ads X