Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ingin Tol Trans Jawa Bisa Kurangi Kemacetan di Jalan Nasional

Kompas.com - 20/12/2018, 15:57 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berharap adanya Tol Trans Jawa dapat mengurangi kemacetan di ruas jalan nasional. Tol Trans Jawa sendiri akan menghubungkan Jakarta hingga Surabaya.

"Masyarakat diberi opsi-opsi, diberi pilihan, mau pakai yang atas, jalan tol ini, silakan, bawah jalan nasional, yang lama silahkan, sehingga kita harapkan jalan lama, jalan nasional terkurangi kemacetannya, karena sebagian pindah di jalan tol. Ini aternatif yang diberikan untuk masyarakat memilih," ujar Jokowi di Jombang, Jawa Timur, Kamis (20/12/2018).

Jokowi meyakini kehadiran Tol Trans Jawa ini dapat mempersingkat waktu tempuh dari Jakarta ke Surabaya. Dengan begitu, biaya operasional akan semakin terpangkas.

Baca juga: Kemenhub: Tol Trans Jawa Siap Digunakan Saat Natal dan Tahun Baru 2019

"Tetapi yang jelas, jalan tol ini akan membuat kita lebih cepat, lebih mudah, dan lebih murah," kata Jokowi.

Sebelumnya, empat ruas tol di Provinsi Jawa Timur telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (20/12/2018) pagi.

Keempat ruas tol itu adalah Wilangan-Kertosono, Kertosono-Bandar, Porong-Gempol, dan Pasuruan-Grati yang totalnya sepanjang 59 kilometer.

Adapun tiga ruas tol lainnya di Jawa Tengah yang juga akan diresmikan hari ini yaitu Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Salatiga-Kartasura sepanjang 142 kilometer.

Dengan demikian, Jalan Tol Trans-Jawa akan semakin lengkap tersambung dari Jakarta ke Surabaya sepanjang 741 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com