Libur Natal dan Tahun Baru, BI Sediakan Uang Tunai Rp 101,1 Triliun

Kompas.com - 20/12/2018, 16:03 WIB
Ilustrasi rupiah KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia menyatakan ketersediaan uang tunai selama libur Natal dan Tahun Baru sudah tercukupi. Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi mengatakan, terjadi kenaikan kesediaan uang tunai pada masa liburan tahun ini jika dibandingkan dengan tahun lalu.

"Tahun 2018 ada prediksi kenaikan 10,3 persen dari tahun lalu, di mana tahun lalu sebesar Rp 91,7 triliun, tahun ini sebesar Rp 101,1 triliun," ujar Rosmaya ketika memberikan keterangan pers di kawasan Gedung BI, Kamis (20/12/2018).

Sementara untuk persebarannya, Rosmaya menjelaskan, untuk wilayah Pulau Jawa di luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sebesar Rp 28, 4 triliun dnegan pangsa pasar 28,1 persen. Sementara untuk persebaran ketersediaan uang tunai di wilayah timur Indonesia sebesar Rp 28,1 triliun dengan pangsa pasar 27,7 persen.

"Nah kalau untuk Jabodetabek sendiri Rp 23,4 triliun, pangsanya 23,2 persen," sebut Rosmaya.

Baca juga: Akhir Tahun, BI Tahan Suku Bunga Acuan Pada 6 Persen

Sementara itu untuk di Sumatera, BI menyediakan uang tunai sebesar Rp 21,2 triliun dengan pangsa 21 persen. Rosmaya menjelaskan, 98 persen dari uang tunai tersebut dalam bentuk pecahan tunai, sementara 2 persen lainnya baru pecahan kecil.

Gubernur BI Perry Warjiyo pun memastikan uang tunai selama Libur Natal dan Tahun Baru ini akan tercukupi, baik di wilayah pusat maupun daerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dan BI mrngimbau seluruh masyarakat mari lebih banyak menggunakan non-tunai, lebih aman, cepat, gunakan uang elektronik, kartu debit, ataupun alat-alat pembayaran tunai," ujar Perry.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.