Jokowi Ingin "Rest Area" Tol Trans-Jawa Diisi UMKM

Kompas.com - 20/12/2018, 16:42 WIB
Presiden RI Joko Widodo meresmikan 4 ruas tol trans jawa, Kamis (20/12/2018). Peresmian dilaksanakan di kawasan gerbang tol Bandar Kedungmulyo Jombang, KOMPAS.com/MOH. SYAFIIPresiden RI Joko Widodo meresmikan 4 ruas tol trans jawa, Kamis (20/12/2018). Peresmian dilaksanakan di kawasan gerbang tol Bandar Kedungmulyo Jombang,

JOMBANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menginginkan seluruh rest area atau area untuk istirahat yang ada di ruas Tol Trans-Jawa diisi oleh para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah ( UMKM).

Dia telah memerintahkan Menteri BUMN Rini Soemarno untuk melakukan hal tersebut.

"Saya sudah sampaikan ke Bu Menteri BUMN, Bapak Menteri PU, arahnya adalah rest area digunakan untuk usaha-usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah, yang itu merupakan unggulannya kabupaten atau daerah," ujar Jokowi di Jombang, Kamis (20/12/2018).

Jokowi menambahkan, dengan masuknya UMKM ke rest area Tol Trans-Jawa diharapkan dapat mendongkrak perekonomian daerah.

Baca juga: Jokowi Ingin Tol Trans-Jawa Bisa Kurangi Kemacetan di Jalan Nasional

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menginginkan UMKM dalam negeri bisa bersaing dengan produk luar negeri.

"(Kalau) brand lokal ada, kenapa harus luar," kata Jokowi.

Sebelumnya, empat ruas tol di Provinsi Jawa Timur telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (20/12/2018) pagi.

Keempat ruas tol itu adalah Wilangan-Kertosono, Kertosono-Bandar, Porong-Gempol, dan Pasuruan-Grati yang totalnya sepanjang 59 kilometer.

Adapun tiga ruas tol lainnya di Jawa Tengah yang juga akan diresmikan hari ini yaitu Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Salatiga-Kartasura sepanjang 142 kilometer.

Dengan demikian, Jalan Tol Trans-Jawa akan semakin lengkap tersambung dari Jakarta ke Surabaya sepanjang 741 kilometer.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X