Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Data Internet di Indonesia Meningkat

Kompas.com - 20/12/2018, 17:07 WIB
Murti Ali Lingga,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vice President of Network Solutions Ericsson Indonesia, Ronni Nurmal, mengatakan, konsumsi data internet mobile di Indonesia terus meningkat sejak 2017.

Salah satu penyebabnya karena layanan video semakin banyak disediakan media sosial. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi penggunanya

"Terjadi perpindahan dari 2017 ke 2018. Pengguna yang memakai paket data kurang dari 1 gigabyte jumlahnya turun. Yang memakai 5 gigabyte juga turun. Pemakaian mereka naik di atas 5 gigabyte," kata Ronni di Jakarta Pusat, Kamis (20/12/2018).

Ronni mengungkapkan, data ini diperoleh dari hasil laporan Ericsson Mobility Report tahun ini. Para pengguna smartphone di tanah air dikategorikan sebagai heavy user internet mobile. Sebab,setiap individu menghabiskan kuota data lebih dari 5 GB per bulannya.

Baca juga: Pengguna Internet di Indonesia Didominasi Masyarakat Menengah ke Bawah

"Pemakaian lebih besar ini dipicu oleh video, resolusi gambar semakin bagus. Kemudian medsos yang memuat konten video juga berpengaruh," sebutnya.

Dia mencontohkan, peningkatan trafik penggunaan kuota data internet bukan hanya untuk keperluan percakapan atau chat. Namun lebih daripada itu. Sehingga mempengaruhi jumlah pemakaian secara umum.

"Misalnya, trafik WhatsApp naik tapi apa cuma karena chat? Tidak, itu (karena) video juga. Banyak video yang dikirim lewat WhatsApp," katanya.

Asia Tenggara kini menduduki peringkat ke empat sebagai wilayah yang paling banyak memakan bandwidth data internet mobile yakni 2,2 Exabyte per bulan. Pada 2024, tren ini diperkirakan semakin meningkat kerena penetrasi jaringan generasi lima atau 5G mulai berkembang pesat di 2024.

"User akan tertarik menggunakan paket data dan mobile internet ketimbang telepon atau SMS,” tandasnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com