Jokowi: Mulai Hari Ini Tol Merak sampai Pasuruan Bisa Dilewati

Kompas.com - 20/12/2018, 17:34 WIB
Presiden Joko Widodo saat meresmikan tiga ruas tol di Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAPresiden Joko Widodo saat meresmikan tiga ruas tol di Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018).

BATANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meresmikan tiga ruas jalan tol di kawasan Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018) siang. Ketiga ruas tol tersebut adalah Tol Pemalang-Batang, Tol Batang-Semarang dan Salatiga-Kartasura.

Dengan diresmikannya tiga ruas tol tersebut, lanjut Jokowi, masyarakat bisa menggunakan jalan tol mulai dari Merak hingga Pasuruan.

"Artinya sejak hari ini Merak Sampai Grati di Pasuruan telah tersambung dan bisa dilewati. Jakarta-Surabaya, Surabaya-Jakarta telah bisa dilewati," ujar Jokowi di Batang, Jawa Tengah, Kamis.

Jokowi berharap Tol Trans Jawa dapat mempercepat mobilitas barang dan orang. Dengan begitu diharapkan mampu memangkas biaya operasional yang dikeluarkan oleh industri.

Baca juga: Jokowi Ingin Rest Area Tol Trans Jawa Diisi UMKM

"Kita juga ingin tol ini bisa terintegrasi dengan kawasan-kawasan industri, dengan kawasan ekonomi khusus dan dengan kawasan wisata. Kita akan terus mendorong agar investasi bisa masuk ke kawasan-kawasan industri, baik yang baru maupun pengembangan yang lama. Kita harapkan dengan investasi ini lapangan kerja akan terbuka sebanyak-banyaknya," kata Jokowi.

Dalam kesempatan ini Jokowi juga mengajak masyarakat untuk mencoba Tol Trans Jawa. Dia menginginkan masyarakat merasakan perbedaan sebelum dan setelah adanya tol tersebut.

"Mari coba dari Merak sampai Pasuruan, atau dari Jakarta sampai ke Surabaya, mumpung masih gratis yang baru, bisa dicoba sekarang berapa jam dulu berapa jam," ucap dia.

Sebelum meresmikan tiga ruas tol di Jawa Tengah, Jokowi telah meresmikan empat ruas tol di Jawa Timur.

Keempatnya adalah Tol Wilangan-Kertosono memiliki panjang 39 kilometer, dan Tol Bandar-Kertosono panjangnya 1 kilometer. 

Kemudian, Tol Porong-Gempol sepanjang 7 kilometer dan Tol Pasuruan-Grati sepanjang 12 kilometer.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X