Soal Tiket Pesawat Jayapura-Jakarta Rp 12 Juta, Ini Kata Kemenhub

Kompas.com - 20/12/2018, 20:40 WIB
Ilustrasi tiket pesawat THINKSTOCKIlustrasi tiket pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com -Kementerian Perhubungan (Kemenhub) angkat bicara soal kabar harga tiket pesawat rute Jayapura-Jakarta yang menyentuh Rp 12 juta untuk sekali perjalanan.

Kepala Sub Direktorat Sistem Informasi dan Pelayanan Angkutan Udara, Direktorat Angkutan Udara Putu Eka Cahyadhi mengaku belum mendapatkan adanya laporan lonjakan harga tiket yang tak wajar.

"Kami kan sudah melakukan ramp check oleh temen-temen inspektur angkutan udara. Kami belum menemukan harga tiket yang melebihi tarif batas atas," ujarnya di Kamenhub, Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Kemenhub meminta masyarakat untuk mengecek ulang tiket tersebut apakah tiket untuk penerbangan langsung (direct flight) atau justru penerbangannya transit. Sebab kata dia, harga tiket penerbangan keduanya pasti ada perbedaan.

Baca juga: Beli Tiket Pesawat Citilink, Bayarnya Bisa Dicicil

Meski begitu, Kemenhub meminta masyakarat untuk segera melapor ke pihak bandara setempat bila menemukan kenaikan harga tiket pesawat yang tidak wajar jelang Natal dan Tahun Baru 2019.

"Sekarang bandar udara sudah diperintah oleh pimpinan kami untuk pasang itu banner gede-gede di semua bandara, ditulis tuh berapa tarif per maskapai segala macam," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mulai yang full service dan lainnya. Jadi masyarakat bisa lihat harganya melebihi atau tidak," sambung dia.

Bila nantinya terbukti ada maskapai yang kenaikan harga tiket lebih dari batas atas, Kemenhub akan memberikan sanksi sesuai Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 78 Tahun 2017

"Oh ada sanksi sesuai dnegan PM 78 mulai dari peringatan, pencabutan. Itu sudah jelas sudah ada," ucap Putu.

Sebelumnya seperti diberikan sejumlah media, Gubernur Papua Lukas Enembe meminta maskapai penerbangan untuk menurunkan harga tiket pesawat yang melambung tinggi jelang Natal.

Bahwa Lukas menyebut harga tiket Jayapura-Jakarta bisa mencapai Rp 12 juta untuk sekali penerbangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.