Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag: Perjanjian CEPA dengan Australia Tak akan Diteken Tahun Ini

Kompas.com - 20/12/2018, 21:39 WIB
Murti Ali Lingga,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menegaskan, nota perjanjian kerja sama Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement atau IA-CEPA) tidak akan diteken tahun ini. 

"Tahun ini mereka (Australia) juga sudah libur akhir tahun. Tapi kapan waktunya, Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi) yang akan atur karena kebijakan politik luar negeri ada di Bu Menlu," kata Enggartiasto kepada awak media di kantor di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis (20/12/2018).

Enggartiasto tidak menjelaskan lebih lanjut terkait masalah politik luar negeri yang jadi penghambat perjanjian dagang tersebut.

"Bu Menlu tahu apa yang harus dilakukan. (Ini domain) antarsesama Menlu untuk bicara," sambungnya.

Baca juga: Dengan CEPA, Ribuan Produk Indonesia Diekspor ke Australia Tanpa Bea Masuk

Seperti diberitakan, setelah dibahas selama lebih dari satu dekade, kesepakatan perdagangan IA-CEPA itu rencananya akan dituntaskan sebelum akhir tahun ini. 

Namun perjanjian dagang bilateral senilai Rp 17,3 triliun tersebut tertunda diduga kerena rencana pemindahan Kedutaan Australia di Israel ke Yerusalem.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com