Menhub Yakin Tol Trans Jawa Bisa Turunkan Kemacetan Secara Drastis

Kompas.com - 21/12/2018, 05:47 WIB
Presiden RI Joko Widodo meresmikan 4 ruas tol trans jawa, Kamis (20/12/2018). Peresmian dilaksanakan di kawasan gerbang tol Bandar Kedungmulyo Jombang, KOMPAS.com/MOH. SYAFIIPresiden RI Joko Widodo meresmikan 4 ruas tol trans jawa, Kamis (20/12/2018). Peresmian dilaksanakan di kawasan gerbang tol Bandar Kedungmulyo Jombang,

BATANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meyakini dengan adanya Tol Trans Jawa kemacetan yang kerap terjadi di jalan nasional akan berkurang drastis. Sebab, dengan adanya ruas tol tersebut masyarakat memiliki alternatif jalan untuk menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Selama ini akses jalan ke Jateng dan Jatim hanya menggunakan jalan nasional yang sering terjadi kemacetan. Nah dengan jalan tol ini pasti kemacetan akan turun drastis dan harapannya lalu lintas menjadi lancar," ujar Budi usai menghadiri acara Peresmian Tol Trans Jawa di Jembatan Kalikuto, Batang, Kamis (20/12/2018).

Selain mengurangi kemacetan, lanjut Budi, ruas tol teraebut juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Tadi menarik ada rest area, ada makanan UMKM yang enak. Ini bisa membangkitkan potensi daerah, contohnya tadi pecel madiun," kata Budi.

Baca juga: Jokowi: Mulai Hari Ini Tol Merak sampai Pasuruan Bisa Dilewati

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan empat ruas tol di Jawa Timur, yakni Wilangan-Kertosono, Kertosono-Bandar, Porong-Gempol, dan Pasuruan-Grati yang totalnya sepanjang 59 kilometer.

Adapun tiga ruas tol lainnya di Jawa Tengah yang juga akan diresmikan hari ini, yaitu Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Salatiga-Kartasura sepanjang 142 kilometer.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X