Antisipasi Harga Tiket Tak Wajar, Bandara Wajib Pampang Tarif Maskapai

Kompas.com - 21/12/2018, 07:03 WIB
Penumpang pesawat memegang boarding pass. ThinkStockPenumpang pesawat memegang boarding pass.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta masyarakat tak segan untuk melaporkan lonjakan tarif tiket penerbangan yang melonjak tak wajar jelang Natal dan Tahun Baru 2019.

Sebagai langkah memudahkan masyarakat mengecek kewajaran harga tiket, Kemenhub sudah menginstruksikan seluruh pengelola bandara memampang tarif batas atas dan tarif batas bawah.

"Sekarang bandara sudah diperintah oleh pimpinan kami untuk pasang itu banner gede-gede di semua bandara," ujar Kepala Sub Direktorat Sistem Informasi dan Pelayanan Angkutan Udara Putu Eka Cahyadhi, Jakarta, Kamis (20/12/2018).

"Tulis tuh berapa tarif per maskapai segala macam. Mulai yang full service dan lainnya. Jadi masyrakat bisa lihat harganya melebihi batas atas atau tidak," sambung dia.

Baca juga: Soal Tiket Pesawat Jayapura-Jakarta Rp 12 Juta, Ini Kata Kemenhub

Kemenhub sudah melakukan pengecekan ke berbagai bandara terkait harga tiket maskapai jelang Natal dan Tahun Baru 2019.

Hasilnya hingga saat ini kata dia, Kemenhub sendiri belum mendapatkan laporan adanya maskapai yang menjual tiket pesawat melebihi tarif batas atas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait sanksi, Kemenhub memastikan ada sanksi yang menunggu maskapai yang menjual tiket penerbangan dengan harga yang tidak wajar atau melebihi tarif batas atas.

"Ada sanksi sesuai dnegan PM 78 mulai dari peringatan, pencabutan. Itu sudah jelas sudah ada," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.