Belanja Iklan Shopee-Blackpink Diperkirakan Capai Rp 93,25 Miliar

Kompas.com - 21/12/2018, 11:55 WIB
BLACKPINK foto bersama sebelum tampil dalam acara Road to 12.12 Shopee Birthday Sale yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Senin (19/11/2018). KOMPAS.com/IRA GITABLACKPINK foto bersama sebelum tampil dalam acara Road to 12.12 Shopee Birthday Sale yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Senin (19/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT SIGI Kaca Pariwara melalui produk monitoring iklan televisinya, Adstensity, menghitung total belanja iklan marketplace dan ritel. Caranya dengan mencatat volume iklan dan harga iklan sesuai dengan data yang dipublikasikan sehingga nilai yang tercatat adalah nilai bruto.

Salah satu platform e-commerce yang diamati adalah Shopee yang menggandeng Blackpink dalam iklan promo hari belanja nasional 12.12.

Menurut hasil monitoring Adstensity, iklan Shopee-Blackpink mulai ditayangkan di televisi nasional sejak 7 November 2018. Dalam uraian ini, Adstensity akan menyoroti iklan Shopee pada periode 7 November-16 Desember 2018 yang dibintangi Blackpink.

Selama periode tersebut, total belanja iklan Shopee-Blackpink di 11 stasiun TV nasional mencapai Rp 93,25 miliar dengan jumlah titik iklan sebanyak 2.590 titik.

Sebagai catatan, dari 13 stasiun TV nasional, terdapat dua stasiun TV yang tidak menayangkan
iklan tersebut yaitu Kompas TV dan TVRI.

Baca juga: Iklannya Dicekal KPI, Shopee Beri Tanggapan

TV One menjadi stasiun TV yang menguasai 27,97 persen pendapatan iklan Shopee-Blackpink atau sebesar Rp 26,08 miliar. Nilai tersebut jauh melampaui stasiun TV lainnya. Selain itu, TV

One juga menjadi stasiun TV yang paling banyak menayangkan iklan tersebut yaitu sebanyak
731 titik iklan atau 28,22 persen dari total titik iklan Shopee-Blackpink.

Pada posisi kedua yaitu GlobalTV dengan pendapatan iklan sebesar Rp 11,20 miliar dengan 372 titik iklan. Sementara itu, ANTV menempati posisi ketiga dengan meraih pendapatan sebesar Rp10,72 miliar dari 215 titik iklan.

TV One juga mendominasi 10 besar program TV yang paling banyak menampilkan iklan tersebut dilihat dari pendapatan iklan yaitu terdapat 5 program acara. Program Kabar Petang paling banyak pendapatannya dari iklan Shopee-Blackpink yaitu Rp 5,48 miliar dengan 114 titik iklan.

Baca juga: Catatkan Rekor, Shopee Sentuh 12 Juta Transaksi di Harbolnas

Dalam kurun Januari-16 Desember 2018, Shopee berada di posisi pertama dalam hal jumlah titik iklan dengan total 24.596 titik dengan total belanja iklan mencapai Rp 765,11 miliar.

Seperti brand marketplace pada umumnya, tahun ini Shopee pun meningkatkan intensitas iklannya di televisi seiring juga dengan total belanja iklan yang juga ditambah, dengan rata-rata Rp 31,11 juta per titik iklannya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X