Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Iklan Shopee-Blackpink Diperkirakan Capai Rp 93,25 Miliar

Kompas.com - 21/12/2018, 11:55 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT SIGI Kaca Pariwara melalui produk monitoring iklan televisinya, Adstensity, menghitung total belanja iklan marketplace dan ritel. Caranya dengan mencatat volume iklan dan harga iklan sesuai dengan data yang dipublikasikan sehingga nilai yang tercatat adalah nilai bruto.

Salah satu platform e-commerce yang diamati adalah Shopee yang menggandeng Blackpink dalam iklan promo hari belanja nasional 12.12.

Menurut hasil monitoring Adstensity, iklan Shopee-Blackpink mulai ditayangkan di televisi nasional sejak 7 November 2018. Dalam uraian ini, Adstensity akan menyoroti iklan Shopee pada periode 7 November-16 Desember 2018 yang dibintangi Blackpink.

Selama periode tersebut, total belanja iklan Shopee-Blackpink di 11 stasiun TV nasional mencapai Rp 93,25 miliar dengan jumlah titik iklan sebanyak 2.590 titik.

Sebagai catatan, dari 13 stasiun TV nasional, terdapat dua stasiun TV yang tidak menayangkan
iklan tersebut yaitu Kompas TV dan TVRI.

Baca juga: Iklannya Dicekal KPI, Shopee Beri Tanggapan

TV One menjadi stasiun TV yang menguasai 27,97 persen pendapatan iklan Shopee-Blackpink atau sebesar Rp 26,08 miliar. Nilai tersebut jauh melampaui stasiun TV lainnya. Selain itu, TV

One juga menjadi stasiun TV yang paling banyak menayangkan iklan tersebut yaitu sebanyak
731 titik iklan atau 28,22 persen dari total titik iklan Shopee-Blackpink.

Pada posisi kedua yaitu GlobalTV dengan pendapatan iklan sebesar Rp 11,20 miliar dengan 372 titik iklan. Sementara itu, ANTV menempati posisi ketiga dengan meraih pendapatan sebesar Rp10,72 miliar dari 215 titik iklan.

TV One juga mendominasi 10 besar program TV yang paling banyak menampilkan iklan tersebut dilihat dari pendapatan iklan yaitu terdapat 5 program acara. Program Kabar Petang paling banyak pendapatannya dari iklan Shopee-Blackpink yaitu Rp 5,48 miliar dengan 114 titik iklan.

Baca juga: Catatkan Rekor, Shopee Sentuh 12 Juta Transaksi di Harbolnas

Dalam kurun Januari-16 Desember 2018, Shopee berada di posisi pertama dalam hal jumlah titik iklan dengan total 24.596 titik dengan total belanja iklan mencapai Rp 765,11 miliar.

Seperti brand marketplace pada umumnya, tahun ini Shopee pun meningkatkan intensitas iklannya di televisi seiring juga dengan total belanja iklan yang juga ditambah, dengan rata-rata Rp 31,11 juta per titik iklannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com