Catat, Layanan OSS Pindah ke Kantor BKPM 2 Januari 2019

Kompas.com - 21/12/2018, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) akan segara dipindahkan dari Kantor Kemenko Perekonomian.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko) Susiwijono mengatakan, pemindahan layanan OSS akan dipindahkan ke Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Akan operasi di BKPM pada 2 Januari 2019," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Menurut Susiwijono, ada tiga hal dari layanan OSS yang dipindahkan. Meliputi operasional layanan, sistem OSS, dan infrastruktur OSS.

Baca juga: Kembangkan OSS, Menko Darmin Minta Tambahan Anggaran Rp 53 Miliar

Untuk operasional layanan dan sistem OSS, ia mengatakan akan migrasi ke BKPM pada 2 Januari 2019. Namun khusus infrastuktur, akan menyusul paling cepat dua bulan kemudian.

"Karena ini mepet paling cepat dua bulan. Jadi sistem dan layanan di pindahkan tetapi infrastuktur masih menggunakan infrastuktur Kemenko," kata dia.

Sementara itu, BKPM sendiri menyatakan siap dengan migrasi layanan OSS pada 2 Januari 2019. Nantinya kemungkinan layangan juga akan dibantu oleh petugas BKPM yang mengurus Pelanyanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Dengan migrasi layanan OSS, semua pengurusan izin berusaha secara elektronik pindah ke Kantor BKPM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.