Anda Introvert? Begini Cara Promosikan Diri di Dunia Kerja

Kompas.com - 22/12/2018, 10:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Seseorang yang lahir dengan kepribadian introvert lebih suka diam daripada banyak berbicara. Ini adalah kebalikan dari mereka yang punya karakter ekstrovert.

Setiap kali ingin berbicara, muncul rasa takut yang tak karuan kalau-kalau apa yang diucapkan adalah salah. Mereka bahkan harus berjuang dua kali lipat lebih keras daripada para ekstrovert saat mengikuti wawancara kerja demi menghilangkan rasa takut.

Meski terlahir dengan kepribadian introvert, bukan berarti perjuangan karier Anda akan terhambat. Anda hanya perlu mengetahui cara mempromosikan diri dengan baik agar negosiasi kerja berhasil dan karier melesat seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Kenali dan Menerima Diri Sendiri

Mengelak dari kenyataan bahwa diri seorang introvert bukanlah ide yang baik. Akuilah siapa diri Anda yang sebenarnya dan jujurlah terhadap diri sendiri. Selain akan membuat Anda sendiri merasa nyaman, orang lain juga demikian.

Dengan begitu, Anda akan bisa mengurangi perasaan grogi dan ketakutan-ketakutan lain yang kerap bersarang di kepala. Tidak semua perusahaan hanya menginginkan karyawan dengan kepribadian ekstrovert.

Ada banyak perusahaan yang memang membutuhkan sosok pribadi introvert yang cocok menduduki jenis pekerjaan tertentu. Jadi, jangan pernah merasa minder saat menyadari bahwa diri merupakan pribadi yang introvert.

2. Jangan Minder, Kenali Kekuatan Anda

Kemampuan orang introvert tidak bisa diremehkan. Mereka selalu punya kejutan, terutama saat diajak untuk berpikir dan menganalisis. Kata-kata yang mereka ucapkan tidak asal keluar saja, tetapi melalui beberapa pertimbangan dan contoh konkret.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para introvert meneliti masalah secara detail, mulai dari bagian paling kecil hingga terbesar. Setelah itu, barulah diambil kesimpulan. Hal ini juga berlaku saat membuat keputusan mengenai permasalahan yang terjadi di perusahaan. Orang seperti inilah yang paling dibutuhkan oleh perusahaan.

3. Cari Posisi Pekerjaan yang Cocok

Orang introvert lebih cocok melamar kerja dibidang yang lebih mengandalkan pengetahuan, seperti analis. Tetapi, tidak menutup kemungkinan jika para introvert melamar kerja dibidang entertainment, public speaker ataupun marketing karena tidak ada syarat tertulis mengenai sifat seseorang saat melamar kerja.

Pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan terbuka bagi semua orang yang memenuhi kualifikasi. Jika Anda salah satu orang yang memenuhi kualifikasi ini, jangan ragu untuk menjatuhkan lamaran meskipun Anda seorang introvert.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.