Anda Introvert? Begini Cara Promosikan Diri di Dunia Kerja

Kompas.com - 22/12/2018, 10:00 WIB
IlustrasiSHUTTERSTOCK Ilustrasi

KOMPAS.com - Seseorang yang lahir dengan kepribadian introvert lebih suka diam daripada banyak berbicara. Ini adalah kebalikan dari mereka yang punya karakter ekstrovert.

Setiap kali ingin berbicara, muncul rasa takut yang tak karuan kalau-kalau apa yang diucapkan adalah salah. Mereka bahkan harus berjuang dua kali lipat lebih keras daripada para ekstrovert saat mengikuti wawancara kerja demi menghilangkan rasa takut.

Meski terlahir dengan kepribadian introvert, bukan berarti perjuangan karier Anda akan terhambat. Anda hanya perlu mengetahui cara mempromosikan diri dengan baik agar negosiasi kerja berhasil dan karier melesat seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Kenali dan Menerima Diri Sendiri

Mengelak dari kenyataan bahwa diri seorang introvert bukanlah ide yang baik. Akuilah siapa diri Anda yang sebenarnya dan jujurlah terhadap diri sendiri. Selain akan membuat Anda sendiri merasa nyaman, orang lain juga demikian.

Dengan begitu, Anda akan bisa mengurangi perasaan grogi dan ketakutan-ketakutan lain yang kerap bersarang di kepala. Tidak semua perusahaan hanya menginginkan karyawan dengan kepribadian ekstrovert.

Ada banyak perusahaan yang memang membutuhkan sosok pribadi introvert yang cocok menduduki jenis pekerjaan tertentu. Jadi, jangan pernah merasa minder saat menyadari bahwa diri merupakan pribadi yang introvert.

2. Jangan Minder, Kenali Kekuatan Anda

Kemampuan orang introvert tidak bisa diremehkan. Mereka selalu punya kejutan, terutama saat diajak untuk berpikir dan menganalisis. Kata-kata yang mereka ucapkan tidak asal keluar saja, tetapi melalui beberapa pertimbangan dan contoh konkret.

Para introvert meneliti masalah secara detail, mulai dari bagian paling kecil hingga terbesar. Setelah itu, barulah diambil kesimpulan. Hal ini juga berlaku saat membuat keputusan mengenai permasalahan yang terjadi di perusahaan. Orang seperti inilah yang paling dibutuhkan oleh perusahaan.

3. Cari Posisi Pekerjaan yang Cocok

Orang introvert lebih cocok melamar kerja dibidang yang lebih mengandalkan pengetahuan, seperti analis. Tetapi, tidak menutup kemungkinan jika para introvert melamar kerja dibidang entertainment, public speaker ataupun marketing karena tidak ada syarat tertulis mengenai sifat seseorang saat melamar kerja.

Pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan terbuka bagi semua orang yang memenuhi kualifikasi. Jika Anda salah satu orang yang memenuhi kualifikasi ini, jangan ragu untuk menjatuhkan lamaran meskipun Anda seorang introvert.

(Baca : Susah-Susah Gampang, Begini Cara Membangun Karier Dari Nol)

4. Keluar dari Zona Nyaman

Beberapa introvert lebih nyaman menghabiskan waktu bersama dirinya sendiri daripada orang lain. Tetapi, sifat ini harus bisa dikikis saat memasuki dunia kerja. Bagaimanapun juga, Anda akan menjalin relasi dan berkolaborasi dengan banyak orang demi perkembangan karier dan kemajuan perusahaan.

Sulap ruangan kantor menjadi ruangan kerja pribadi sehingga Anda merasa nyaman di dalamnya. Selain itu, luangkan waktu untuk bersosialisasi dengan rekan kerja guna menjalin hubungan yang akrab. Hal ini memang sulit untuk dilakukan, tetapi seiring berjalannya waktu, Anda pasti mampu keluar dari zona nyaman.

5. Jangan Malas untuk Terus Latihan Berbicara

Agar komunikasi dengan rekan kerja atau atasan berjalan lancar, berlatihlah berbicara di depan cermin. Dengan berlatih, Anda tahu apa saja yang menjadi kekurangan dan sesegera mungkin dapat memperbaikinya.

Selain latihan berbicara, Anda perlu melatih menggunakan ekspresi, kontak mata dan bahasa tubuh yang tepat agar tidak terkesan kaku saat berhadapan dengan orang lain di kantor. Dengan demikian, performa yang Anda tampilkan semakin maksimal di lingkungan kerja.

6. Fokus pada Pertanyaan saat ‘Meeting’

Pada umumnya, seorang introvert kurang mampu memberi respons cepat pada pertanyaan yang dilemparkan kepada dirinya. Mereka perlu mencerna kata atau kalimat yang disampaikan sebelum memberi jawaban yang pas.

Di sisi lain, dalam pertemuan untuk membahas segala sesuatunya di kantor dibutuhkan kecepatan berpikir dan memberikan tanggapan. Untuk itu, berlatihkan untuk cekatan memberikan respons dan fokuslah pada apa yang jadi pembahasan dalam rapat.

7. Cari Mentor yang Tepat

Seorang mentor akan membantu Anda meningkatkan kualitas dan kualifikasi diri menghadapi dunia kerja. Di sisi lain, mentor juga akan mengajarkan Anda bagaimana cara menjawab pertanyaan yang baik dan meningkatkan rasa percaya diri di hadadapan orang lain.

Carilah mentor yang dapat membimbing Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Pilih mentor yang dapat bersabar dengan sifat yang Anda punya agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif tanpa rasa tertekan sedikit pun.

Di Balik Kelemahan adalah Kekuatan

Kepribadian introvert tidak melulu menjadi suatu kelemahan, tetapi juga suatu kekuatan yang mampu membawa Anda menuju gerbang kesuksesan. Justru karena sifat inilah Anda tidak mau dianggap remeh, sehingga Anda tertantang untuk menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya. Semoga sukses!

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com



Close Ads X