Harbolnas, E-Commerce Mana yang Kuasai Pemberitaan Media?

Kompas.com - 24/12/2018, 12:10 WIB
Ilustrasi Harbolnas 2018Rilis Ilustrasi Harbolnas 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhelatan Hari Belanja Online Nasional ( Harbolnas) yang jatuh pada 12 Desember 2018 yang lalu, cukup mendapat banyak perhatian dari masyarakat. Hal ini ditandai dengan jumlah peserta Harbolnas 2018 yang mencapai 300 e-commerce dan market place, yang dibandingkan dengan tahun 2017 yang hanya 240 Entitas.

Selain itu, total pendapatan Harbolnas kemarin juga mencapai hampir Rp 7 triliun, lebih tinggi ketimbang omzet tahun 2017 yang hanya sebesar Rp 4,7 triliun.

Hal itu membuktikan bahwa Harbolnas, bisa dikatakan sebagai salah satu perhelatan klimaks pesta belanja online di Indonesia setelah 9 September, 10 Oktober, dan 11 November, yang cukup dinantikan oleh masyarakat.

E-commerce paling banyak diberitakan

Dalam kurun waktu 1 Desember sampai dengan 14 Desember 2018, PT Binokular Media Utama melakukan riset dengan memonitoring 200 media cetak dan online serta 10 stasiun televisi nasional terdapat 914 artikel yang memuat keyword Harbolnas.

"Dari 914 Artikel tersebut kemudian kita breakdown per keyword berdasarkan nama-nama e-commerce sepuluh besar yang paling banyak di akses oleh public sebagaimana dipublikasikan oleh lembaga iprice.co.id. Kesepuluh besar e-commerce tersebut adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, JD ID, Sale Stok Indonesia, Elevenia, Bhinneka dan Zalora," ujar CEO PT Binokular Media Utama A. Sapto Anggoro seperi dikutip Kompas.com dalam laporannya.

Baca juga: Baca juga: Dapat Mini Cooper Rp 12.000 saat Harbolnas, Apa Saja Pajak yang Harus Ditanggung Dedi?

E-commerce yang paling banyak diberitakan oleh media cetak, media online, dan televisi adalah Lazada dengan total pemberitaan sebanyak 91 berita. Pemberitaan mengenai Lazada, terbanyak didominasi pemberitaan terkait promo Flash Sale Diskon Harbolnas 99 persen.

Kemudian di posisi kedua ditempati oleh Bukalapak dengan total pemberitaan sebanyak 68 berita. Pemberitaan mengenai Bukalapak, paling banyak adalah pemberitaan mengenai hadiah Harbolnas Bukalapak yang menjual mobil Mini Cooper seharga Rp 12.000 dan berhasil didapatkan oleh seorang pengemudi ojek online.

Untuk posisi ketiga, Shopee dengan total pemberitaan sebanyak 57 berita. Pemberitaan untuk Shopee di Harbolnas 2018 ini, didominasi pemberitaan mengenai Birthday Sale Bagi-bagi Gratis CD BLACKPINK Bertandatangan.

Di posisi keempat diduduki oleh JD ID dengan total pemberitaan sebanyak 29 berita. Pemberitaan mengenai JD ID, dididominasi oleh pemberitaan promo JDOR! 12.12.

Sedangkan pada posisi kelima, Tokopedia dengan jumlah pemberitaan sebanyak 18 berita. Walaupun berada diposisi kelima, Tokopedia dalam laporan iPrice disebut sebagai e-commerce yang paling banyak di kunjungi dalam gelaran Harbolnas Kemarin.

"Hal ini dikarenakan di Harbolnas 2018 ini, Tokopedia tidak mengikuti perhelatan ini dan menggantinya dengan merilis acara "Kejutan Belanja Untung" yang sudah berlangsung awal Desember sebelum gelaran Harbolnas. Namun, dalam riset ini, masih ditemukan pemberitaan tentang Tokopedia di Harbolnas 2018, terkait berita promo Diskon Mobil Yaris Hingga 99 persen," jelas Sapto.

Sementara itu untuk posisi keenam ada Blibli dengan 13 pemberitaan, di posisi ketujuh ada Zalora dengan total 8 pemberitaan, posisi kedelapan ada Elevenia yang disebutkan di 3 pemberitaan, sedangkan Bhinneka ada diposisi kesembilan dengan 2 pemberitaan.

Posisi terakhir adalah Sale Stok yang diperhelatan Harbolnas 2018, tidak disebutkan sama sekali dalam pemberitaan mengenai Harbolnas.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X