Pertama Kali, Miliarder Uang Kripto Donasikan Kekayaan untuk Amal

Kompas.com - 24/12/2018, 13:11 WIB
Cryptocurrency on a circuit board Thinkstockphotos.comCryptocurrency on a circuit board

NEW YORK, KOMPAS.com - CEO Coinbase Brian Armstrong akhirnya bergabung ke jajaran miliarder yang berkomitmen mendonasikan kekayaannya untuk kegiatan amal. Coinbase adalah perusahaan penambangan mata uang kripto alias cryptocurrency.

Dikutip dari CNBC, Senin (24/12/2018), pada pekan lalu Armstrong secara resmi bergabung dengan gerakan Giving Pledge yang didirikan Warren Buffett dan Bill Gates pada tahun 2010 silam. Para anggota Giving Pledge adalah miliarder yang berkomitmen mendonasikan sebagian besar kekayaan mereka untuk kegiatan-kegiatan amal.

Armstrong merupakan miliarder kripto pertama yang bergabung dengan gerakan itu. Sebelumnya, Elon Musk, Ray Dalio, Bill Ackman, Michael Bloomberg, dan lebih dari 150 orang miliarder lainnya yang telah lebih dahulu bergabung.

Baca juga: Kekayaan Miliarder 2018: Bezos Bertambah Paling Banyak, Zuckerbeg Paling Tergerus

Coinbase baru-baru ini memperoleh tambahan likuiditas sebesar 300 juta dollar AS. Dengan demikian, valuasi Coinbase saat ini mencapai 8 miliar.

Kepemilikan saham Armstrong di Coinbase dilaporkan senilai 1,3 miliar dollar AS menurut Forbes. Meskipun harga bitcoin dan mata uang kripto lainnya anjlok dalam setahun terakhir, namun Forbes mengestimasikan kekayaan Armstrong berkisar antara 900 juta hingga 1 miliar dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ketika nilai kekayaan tertentu telah dicapai, ada sedikit tambahan keperluan dari sekedar belanja lebih banyak untuk diri sendiri. Ambisi seseorang mulai maju ke level berikutnya. Saya selalu kagum dengan para pendiri (perusahaan) dan pemimpin yang memiliki ambisi memperbaiki dunia yang melampaui tujuan terkait kekayaan pribadi," ujar Armstrong dalam tulisannya di laman resmi Giving Pledge.

Baca juga: Sepanjang 2018, Kekayaan 128 Miliarder Asia Merosot

Pada tahun ini pula, Armstrong meluncurkan gerakan amalnya yang bertajuk GiveCrypto.org. Lembaga nirlaba ini menerima dan menyalurkan mata uang kripto serta transfer uang untuk disalurkan ke masyarakat miskin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.