Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenpar: Pasca-tsunami Selat Sunda, Sebagian Besar Hotel di Lokasi Rusak

Kompas.com - 24/12/2018, 15:24 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca-tsunami Selat Sunda yang melanda kawasan Pantai Anyer hingga ke wilayah selatannya yakni Carita dan Tanjung Lesung, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menerjunkan Tourism Crisis Center (TCC) ke lokasi untuk melakukan peninjauan daerah wisata yang terdampak.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar Guntur Sakti kepada Kompas.com, Senin (24/12/2018). Ia menyebut, kini dirinya dan rombongan sedang berada di lokasi untuk meninjau lebih lanjut kondisi yang ada.

"Tim krisis Kemenpar sudah ada di lokasi, menelusuri sepanjang Pantai Anyer hingga ke wilayah selatan hingga ke Tanjung Lesung. Fokus utama kami apakah 3A ini terdampak yakni akesibilitas, amenitas, atraksi," ujar Guntur saat dihubungi Kompas.com, Senin (24/12/2018).

Baca juga: Pasca-tsunami Selat Sunda, Hotel dan Penginapan yang Rusak Mulai Diperbaiki

Dari pantauan Guntur, ia menyebut bahwa sejumlah destinasi dan akomodasi wisata yang berada di bibir pantai baik hotel, resort dan cottage rusak berat.

"Sebagian besar penginapan, hotel, resort dan cotage memang terdampak dengan tingkat kerusakan yang berbeda, dari rusak ringan hingga berat. Termasuk diantaranya seluruh fasilitas-fasilitas dan objek wisata tepi pantai itu dalam kondisi rusak berat," jelasnya.

TCC, seperti disebut Guntur akan mendirikan posko terkiat layanan informasi terkini perihal pariwisata.

"Kami akan memberikan layanan informasi terkait sektor pariwisata dan pelayanan terhadap wisatawan yang terdampak bencana," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com