Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-tsunami Selat Sunda, Pertamina Pastikan Pasokan Elpiji di Lampung Aman

Kompas.com - 25/12/2018, 09:21 WIB
Murti Ali Lingga,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melakukan berbagai upaya untuk memastikan pasokan elpiji aman pasca tsunami dan gelombang tinggi melanda Lampung Selatan, Provinsi Lampung, pada Sabtu (22/12/2018) lalu.

Pertamina pun menggelar Operasi Pasar (OP) di Kecamatan Punduh Pidada, Pulau Legundi dan menyediakan sebanyak 560 tabung gas elpiji 3 Kg.

“Pulau Legundi salah satu wilayah yang terkenda dampak langsung dari gelombang tinggi dan tsunami yang melanda Lampung Selatan. Operasi Pasar dilakukan pada Senin (24/12) agar kebutuhan dasar masyarakat untuk memasak dapat terpenuhi,” kata Region Manager Communication & CSR Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf dalam keterangan resmi dikutip Kompas.com, Selasa (25/12/2018).

Rifky menjelaskan, operasi pasar juga nanti akan disiapkan di wilayah lain sebagai alternatif penyaluran dari empat pangkalan yang terimbas oleh gelombang tinggi di Kecamatan Rajabasa. Harapannya, operasi pasar ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sambil menunggu empat pangkalan yang terdampak bisa beroperasi kembali secara maksimal.

Baca juga: Kemenpar: Pasca-tsunami Selat Sunda, Sebagian Besar Hotel di Lokasi Rusak

"Salah satu dari empat pangkalan tersebut juga akan melakukan penyaluran, namun hanya terbatas sebanyak 200 tabung, pangkalan ini berlokasi di Desa Canti, Kecamatan Rajabasa," ujarnya.

Dia mengatakan, selain melakukan operasi pasar, Pertamina juga membantu mendistribusikan elpiji untuk digunakan di dua dapur umum di wilayah Lampung. Dapur umum ini didirikan di tenda pengungsian di Kantor Gubernur Bandar Lampung dan di tenda pengungsian Posko BUMN Peduli Kalianda.

“Sementara, kami sudah mendistribusikan sepuluh tabung Bright Gas 5.5 Kg untuk di Kantor Gubernur serta 20 tabung 12 Kg dan 20 tabung Bright Gas 5.5 Kg untuk ditempatkan di Posko BUMN Peduli di Kalianda. Mudah-mudahan ini bisa membantu upaya penanggulangan pasca gelombang tinggi dan tsunami di Lampung Selatan,” ucap Rifky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com