Delegasi AS akan Sambangi China untuk Negosiasi Perang Dagang

Kompas.com - 27/12/2018, 10:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Delegasi pemerintah Amerika Serikat (AS) akan terbang ke Beijing pada 7 Januari mendatang untuk melakukan negosiasi perdagangan dengan pemerintah China.

Deputy US Trade Representative (USTR) Jeffrey Gerrish akan menjadi pihak yang menjadi wakil Pemerintah Presiden Trump, juga termasuk Treasury Under Secretary for International Affairs David Mallpass.

Dikutip dari Bloomberg, Kamis (27/12/2018), pertemuan bulan depang akan menjadi pertemuan tatap muka pertama antara kedua belah pihak setelah Presiden Donald Trump dan Presiden Xi Jinping sepakat untuk melakukan gencatan tarif selama 90 hari di Argentina di bulan ini.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan, pihak AS dan China telah melakukan komunikasi via telepon. Namun, pertemuan antara keduanya akan menjadi pertanda adanya kemajuan atau proses menuju damai antara dua negara raksasa ekonomi tersebut.

Pekan ini, pihak China bahkan mengumumkan pemangkasan tarif untuk ketiga kalinya terhadap 700 produk AS mulai 1 Januari mendatang. Langkah tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk membuka perekonomian mereka dan memangkas biaya yang dikeluarkan untuk konsumen domestik.

Presiden Donald Trump sendiri telah sepakat untuk menunda penambahan tarif senilai 200 miliar dollar AS produk China selama masa negosiasi tersebut.

Pihaknya mendorong China untuk mengurangi berbagai hambatan perdagangan dan berhenti melakukan pencurian properti intelektual. Di sisi lain, China berjanji kembali membeli produk kedelai juga memangkas tarif untuk produk otomotif Amerika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.