Sah, PGN Akuisisi Pertagas Rp 20,1 Triliun

Kompas.com - 28/12/2018, 16:46 WIB
Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Gigih Prakoso mengecek prototype Gaslink salah satu produk layanan perusahaan. Dok. PGNDirektur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Gigih Prakoso mengecek prototype Gaslink salah satu produk layanan perusahaan.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN secara resmi menyelesaikan proses akuisisi PT Pertamina Gas atau Pertagas.

Hal itu setelah ditandatanganinya Perjanjian Jual Beli atau Sales Purchase Agreement Saham Pertagas antara Pertamina dan PGN di Kementerian BUMN, Jumat (28/12/2018).

"Hari ini PGN mencatat sejarah baru. Kami resmi menjadi Sub Holding Gas karena proses akuisisi Pertagas dan seluruh anak usahanya telah selesai," ujar Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso dalam keterangan resminya.

Awalnya PGN direncanakan hanya mengakuisisi Pertagas dan anak usahanya, PT Pertagas Niaga saja. Namun 4 anak usaha Pertagas lainnta juga diikutsertakan.

Keempat anak usaha Pertagas itu yakni PT Perta Arun Gas, PT Perta Daya Gas, PT Perta-Samtan Gas, dan PT Perta Kalimantan Gas

Akibatnya, harga pembelian yang semula sebesar Rp 16.6 triliun untuk 2.591.099 lembar saham, atau 51 persen atas Pertagas dan Pertagas Niaga, menjadi melonjak.

Nilai pembelian menjadi Rp 20,1triliun untuk 2.591.099 lembar saham dari Pertagas yang merupakan 51 persen dari seluruh saham di Pertagas termasuk kepemilikan di seluruh anak perusahaannya.

Terkait skema pembayaran pengambilalihan saham tersebut, menurut PGN akan melakukannya dalam dua tahap.

"Tahap pertama sebesar 50 persen dari total harga pembelian atau ekuivalen Rp 10.091.667.032.092 akan menggunakan skema pembayaran tunai. Adapun untuk tahap kedua, perusahaan akan menerbitkan Promissory Note sebesar 50 persen dari total harga pembelian," kata Gigih.

Sementara itu Direktur Utama PT Pertamina Gas, Wiko Migantoro mengatakan, dengan tuntasnya proses ini diharapkan dapat mewujudkan kedaulatan dan ketahanan energi yang membawa manfaat untuk masyarakat dan negara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X