Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Caplok Pertagas, PGN Bisa Dapat Berkah

Kompas.com - 28/12/2018, 19:31 WIB
Yoga Sukmana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) secara resmi menyelesaikan proses akuisisi PT Pertamina Gas (Pertagas) pada Jumat (29/12/2018). Dana yang keluarkan mencapai Rp 20,1 triliun.

Menurut Analis Senior Binaartha Parama Sekuritas, Reza Priyambada, akuisisi akan bermanfaat bagi PGN untuk mengokohkan bisnisnya di dalam negeri dan ekspansi ke luar negeri.

"PGN bisa memanfaatkan infrastrukturnnya pertagas untuk meningkatkan volumenya," ujarnya kepada Kompas.com.

"Sementara kalau hubungannya dengan Pertamina, maka diharapkan PGN bisa memanfaatkan jaringan Pertamina untuk bisa menawarkan jasa penyaluran gas di luar negeri," sambung dia.

Baca juga: Sah, PGN Akuisisi Pertagas Rp 20,1 Triliun

Selain itu, Reza mengatakan bahwa akuisisi itu juga bisa berdampak kepada kinerja perusahaan. Namun kata dia, hal itu masih harus menunggu konsolidasi di internal PGN.

Sebelumnya, PGN asecara resmi menyelesaikan proses akuisisi PT Pertamina Gas atau Pertagas.

Hal itu setelah ditandatanganinya Perjanjian Jual Beli atau Sales Purchase Agreement Saham Pertagas antara Pertamina dan PGN di Kementerian BUMN, hari ini.

"Hari ini PGN mencatat sejarah baru. Kami resmi menjadi Sub Holding Gas karena proses akuisisi Pertagas dan seluruh anak usahanya telah selesai," ujar Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso dalam siaran pers.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com