Caplok Pertagas, PGN Bisa Dapat Berkah

Kompas.com - 28/12/2018, 19:31 WIB
Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Gigih Prakoso mengecek prototype Gaslink salah satu produk layanan perusahaan. Dok. PGNDirektur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Gigih Prakoso mengecek prototype Gaslink salah satu produk layanan perusahaan.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk ( PGN) secara resmi menyelesaikan proses akuisisi PT Pertamina Gas ( Pertagas) pada Jumat (29/12/2018). Dana yang keluarkan mencapai Rp 20,1 triliun.

Menurut Analis Senior Binaartha Parama Sekuritas, Reza Priyambada, akuisisi akan bermanfaat bagi PGN untuk mengokohkan bisnisnya di dalam negeri dan ekspansi ke luar negeri.

"PGN bisa memanfaatkan infrastrukturnnya pertagas untuk meningkatkan volumenya," ujarnya kepada Kompas.com.

"Sementara kalau hubungannya dengan Pertamina, maka diharapkan PGN bisa memanfaatkan jaringan Pertamina untuk bisa menawarkan jasa penyaluran gas di luar negeri," sambung dia.

Baca juga: Sah, PGN Akuisisi Pertagas Rp 20,1 Triliun

Selain itu, Reza mengatakan bahwa akuisisi itu juga bisa berdampak kepada kinerja perusahaan. Namun kata dia, hal itu masih harus menunggu konsolidasi di internal PGN.

Sebelumnya, PGN asecara resmi menyelesaikan proses akuisisi PT Pertamina Gas atau Pertagas.

Hal itu setelah ditandatanganinya Perjanjian Jual Beli atau Sales Purchase Agreement Saham Pertagas antara Pertamina dan PGN di Kementerian BUMN, hari ini.

"Hari ini PGN mencatat sejarah baru. Kami resmi menjadi Sub Holding Gas karena proses akuisisi Pertagas dan seluruh anak usahanya telah selesai," ujar Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso dalam siaran pers.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X