Pelindo I Lepas Ekspedisi Pionir Kapal Dagang ke India

Kompas.com - 30/12/2018, 21:30 WIB
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) melepas ekspedisi pionir kapal dagang ke India melalui Pelabuhan Malahayati, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Sabtu (29/12/2018). Dokumentasi PT Pelindo IPT Pelabuhan Indonesia I (Persero) melepas ekspedisi pionir kapal dagang ke India melalui Pelabuhan Malahayati, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Sabtu (29/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Cabang Malahayati di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh melepas ekspedisi pionir kapal dagang ke India.

General Manager Pelindo I Cabang Malahayati, Sam Arifin Wiwi, mengatakan, ekspedisi ini merupakan implementasi kerja sama antara Indonesia dan India melalui “Statement on Shared Vision of India-Indonesia Maritime Cooperation in the Indo-Pacific”.

Ekspedisi pionir kapal dagang ini membawa barang dari Pelabuhan Malahayati, Aceh menuju Port Blair, Kepulauan Andaman dan Nicobar, India.

"Barang-barang yang dibawa berupa makanan pokok, kopi, sayuran, dan kerajinan tangan," kata Sam dikutip dari keterangan resminya, Minggu (30/12/2018).

Sam mengatakan, pelepasan kapal ekspedisi itu dilakukan pada Sabtu (29/12/2018). Ekspedisi ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Kenegaraan Perdana Menteri India ke Indonesia pada 29-30 Mei 2018 lalu, yang membahas Visi Bersama Kerja Sama Maritim di Indo-Pasifik.

Visi itu menekankan pentingnya meningkatkan kesejahteraan kawasan antara lain melalui pengembangan konektivitas ekonomi yang berlandaskan pada norma-norma universal, hukum internasional, transparansi, dan saling menghormati kedaulatan dan integritas wilayah.

Ekpedisi Pionir Kapal Dagang yang diberangkatkan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Delegasi Kedutaan Besar India ke Pelabuhan Malahayati pada bulan Juli lalu.

"Kunjungan kerja bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi, fasilitas, dan kesiapan pelabuhan untuk melakukan pengiriman barang ke Kepulauan Andaman dan Nicobar,” jelasnya.

Sam menambahkan, ekpedisi kapal dagang ini akan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di Kepulauan Andaman dan Nicobar.

Pihaknya sangat mendukung kegiatan ekspor barang dilakukan lewat Pelabuhan Malahayati. Apalagi pelabuhan ini didukung dengan fasilitas yang mumpuni untuk aktivitas bongkar muat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X