Mau Interview Pekerjaan? Hati-Hati dengan 7 Pertanyaan ini

Kompas.com - 31/12/2018, 13:49 WIB
Ilustrasi wawancara kerja DragonImagesIlustrasi wawancara kerja

KOMPAS.com - Sebagai salah satu tahap penentu dalam pencarian kerja, wawancara menjadi suatu perantara yang mempertemukan antara kandidat dan perusahaan. Tahap krusial ini dimanfaatkan sebagai langkah untuk mengenal jati diri kandidat sebelum bergabung ke perusahaan.

Tak sedikit kandidat yang akhirnya gagal pada tahap wawancara karena persiapan yang kurang maksimal dan kesalahan dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara.

Pertanyaan yang disampaikan pada tahap wawancara kerja sebenarnya tidak sulit untuk dijawab, tetapi sering kali menjebak. Pertanyaan-pertanyaan yang cenderung menjebak tersebut biasanya untuk mengetahui kepribadian pelamar kerja.

Untuk itu, Anda perlu waspada dan menyimak baik-baik jenis pertanyaan tersebut agar bisa menjawab dengan bijak. Lalu, pertanyaan apa saja yang kerapa jadi jebakan saat interview?

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut tujuh pertanyaan menjebak yang seringkali diajukan saat wawancara guna menilai kepribadian seseorang.

1. Seberapa Pintarkah Anda?

Jika pertanyaan ini muncul, jawablah dengan “ya”. Sebab kepintaran tidak hanya diukur dari hasil tes IQ, tetapi juga dari cara seseorang bekerja, menyelesaikan masalah dan berbaur dengan orang lain.

Dalam dunia kerja, Anda akan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda-beda. Jika tidak pintar menempatkan diri, yang ada reputasi dan profesionalitas Anda akan berkurang di antara sesama rekan kerja.

Menganggap diri sendiri pintar bukan suatu kesombongan, tetapi suatu cara untuk meyakinkan pewawancara kalau Anda bisa diandalkan oleh perusahaan dalam menghadapi kondisi tertentu.

2. Coba Deskripsikan Diri Anda

Termasuk pertanyaan langsung ke poinnya untuk mengetahui kepribadian seseorang, sehingga pewawancara tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk mewawancarai kandidat.

Bagaimana cara kandidat mendeskripsikan dirinya sudah cukup bagi pewawancara untuk mengambil keputusan, diterima atau ditolak. Pilih kata-kata untuk mendeskripsikan diri yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

Apabila Anda melamar posisi seorang akuntan, jawablah dengan kata teliti, angka dan rapi. Jangan ragu untuk menyebutkan kata-kata positif lainnya yang sesuai dengan kepribadian Anda, seperti jujur, bertanggung jawab dan tepat waktu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X