Ini 5 Cara agar Blog Banyak Dikunjungi Pembaca

Kompas.com - 31/12/2018, 14:30 WIB
Ilustrasi seorang pekerja sedang melakukan browsing sebuah website. (123RF) Ilustrasi seorang pekerja sedang melakukan browsing sebuah website. (123RF)

KOMPAS.com - Di era digital seperti sekarang ini, pemasukan bisa datang dari mana pun termasuk melalui internet. Mulai dari website atau blog dapat menjadi ladang penghasilan yang memberikan pemasukan yang cukup besar.

Tapi untuk bisa menghasilkan, blog harus didukung dengan jumlah pengunjung yang banyak pula. Sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan uang melalui endorse, iklan, dan lainnya.

Namun untuk menarik pengunjung atau pembaca hingga jutaan orang, tentunya bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi saat ini sudah banyak website dan blog yang bertebaran di dunia maya.

Tidak hanya bermodal konten yang bagus saja, penting bagi para blogger mempelajari SEO (Search Engine Optimization) yang menjadi pintu masuk agar situs atau blog Anda menjadi mudah diakses.

Jadi, meski Anda punya konten yang baik, tapi tanpa didukung dengan teknik SEO, website atau blog Anda akan sulit berkembang. Lalu, bagaimana cara agar banyak pembaca mengunjungi situs atau blog kita?

Melalui teknik SEO tersebut, blogger wajib tahu cara yang bisa dilakukan untuk menarik banyak pengunjung dan membaca pada website atau blog seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Ada yang Gartis, Tapi Pilih Blog yang Berbayar

Memang, ada banyak laman blog yang tawarkan secara gratis pada penggunanya. Namanya juga gratis, tentu tidak bisa disamakan dengan yang berbayar dari segi benefit yang bakal diperoleh.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal pula untuk peroleh pendapatan dari blog, maka carilah yang berbayar dan kelola blog dengan konten yang menarik dan bermanfaat. Sehingga akan ada banyak dikunjungi pembaca dan dengan sendirinya blog Anda terkenal.

2. Beli Domain serta ‘Hosting’

Jika Anda memang serius untuk mengelola sebuah website, maka tidak ada salahnya jika memiliki hosting dan domain sendiri. Karena ini bisa membuat situs atau blog Anda memiliki peringkat yang tinggi dalam mesin pencarian.

Namun untuk memiliki domain dan hosting sendiri bukanlah hal yang gratis. Anda harus membayar sejumlah biaya setiap bulannya. Jika hanya ingin membuat blog pribadi, pilihlah yang sesuai. Sebagai contoh, domain dan hosting sendiri pada blog wordpress dengan biaya 4 dollar AS atau sekitar Rp 58.000 per bulan yang ditagihkan setiap tahun, untuk jenis personal.

Tentu tarif itu berbeda jika Anda memilih paket untuk website atau blog kategori premium dan bisnis, masing-masing 8 dollar AS dan 25 dollar AS per bulan. Memiliki domain dan hosting sendiri membuat blog Anda terlihat seperti situs terpercaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X