Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2018, Bandara AP II Layani 115 Juta Penumpang

Kompas.com - 01/01/2019, 12:39 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah penumpang pesawat di bandara-bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II melonjak pada 2018. BUMN operator bandara itu mencatat, total penumpang sepanjang 2018 mencapai 115 juta orang.

Menurut VP of Corporate Communication AP II Yado Yarismano, jumlah penumpang pada 2018 naik 9,5 persen dibandingkan tahun 2017 yang sebesar 105 juta orang.

"Pencapaian sepanjang tahun 2018 seiring dengan langkah transformasi menuju Angkasa Pura II Giant Dream 2020," kata Yado dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jakarta, Selasa (1/1/2018).

Selama 2018, AP II mengelola beberapa bandara baru yang tersebar di Indonesia seperti Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat, Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya dan Bandara Banyuwangi Jawa Timur.

Total AP II telah mengelola 16 Bandara di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya yakni Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Khusus untuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta, bandara terbesar di Indonesia tersebut dinobatkan sebagai bandara dengan koneksi rasio penerbangan terjadwal paling banyak atau paling terkoneksi ke-2 di Asia Pasifik dan terkoneksi ke-10 di dunia.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengalahkan bandara besar seperti Bandara Incheon-Korea, KLIA Malaysia, dan Bandara Hongkong berdasarkan Megahubs International Index 2018-The World’s Most Internationally Connected Airports oleh lembaga air travel intelligence asal Inggris, OAG.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com