Pertamina EP Targetkan Produksi Minyak di Pangkalan Susu Field 1.000 Barrel Per Hari

Kompas.com - 02/01/2019, 14:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina EP melakukan eksplorasi di sumur Radiatus Madu (RDM)-1, Pangkalan Susu Field, Langkat, Sumatera Utara. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan cadangan migas nasional.

"Saat ini produksi minyak dari Pangkalan Susu Field sekitar 450 BOPD (barrel per hari) dan diproyeksikan meningkat menuju level 1.000 BOPD pada pertengahan Januari 2019, seiring akan ada tambahan produksi dari sumur Batumandi yang saat ini tengah dibor," ujar Presiden Direktur Pertamina EP Nanang Abdul Manaf dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/1/2019).

Pertamina EP memproyeksikan cadangan sumur RDM-1 sebesar 22 juta barrel setara minyak (MMBOE) terdiri atas 10,8 juta barrel minyak dan 62,8 gas sebesar BCFG.

Baca juga: Produksi Minyak Pertamina EP di Sukowati Capai 10.000 Barrel Per Hari

"Total investasi untuk kegiatan pemboran ini sekitar 13 juta dollar AS,” kata Nanang.

Sementara itu, Direktur Eksplorasi dan Penemuan Cadangan Baru Pertamina EP Achmad Alfian Husein menambahkan, kegiatan pengeboran eksplorasi sumur RDM-1 dilakukan hingga kedalaman 2.125 meter.

Manajemen Pertamina EP berharap kegiatan pemboran bisa menembus beberapa lapisan reservoir cadangan minyak baru untuk menambah usia produksi (life cycle) Pangkalan Susu Field.

"Bila hasilnya positif, kegiatan produksi bisa dilakukan pada tiga tahun ke depan karena harus ada persiapan PoD (Plan of Development) dan lain-lain,” ujar Alfian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.