Menko Darmin Yakin Inflasi 2019 Bisa Dikendalikan

Kompas.com - 02/01/2019, 15:16 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin NasutionKOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meyakini pemerintah akan dapat mengendalikan inflasi selama 2019. Inflasi tahunan atau year on year selama 2018 tercatat 3,13 persen.

"Saya yakin, inflasi kita akan di bawah tahun lalu. Kita semakin berhasil mengendalikan inflasi," kata Darmin kepada awak media di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (2/12/2018).

Darmin menerangkan, pada tahun lalu pemerintah dapat mengendalikan inflasi secara bertahap. Ini terjadi meskipun masih terjadi gejolak karena sejumlah komoditas mengalami kenaikan harga, utamanya beras.

"Kalau tahun lalu beras mempengaruhi betul inflasi, kelihatannya pada awal tahun ini tarif angkutan. Walaupun begitu, inflasi kita tahun ini pasti lebih rendah (dibandingkan) tahun lalu," sebut Darmin.

Baca juga: Inflasi Desember 2018 0,62 Persen, Dipicu Harga Telur dan Daging Ayam

Dia menambahkan, keberhasilan menekan inflasi pada 2018 lalu tidak menimbulkan masalah baru yang sebelumnya dikhawatirkan sejumlah pihak. Pemerintah terus berupaya menjaga tren ini agar dapat menjana kestabilan perekonomian dalam negeri.

"Sehingga sudah saatnya mulai menggeser, mempersiapkan target inflasi ke arah lebih rendah. Kita punya modal untuk optimistis bahwa 2019 akan bisa kita capai kinerja yang lebih baik lagi," ujar Darmin.

"2018 memang buka tahun yang mudah. Berbagai tantangan sudah kita lalui baik dampak gejolak ekonomi global, yang kita kenal defisit transaksi berjalan. Kita masih terus menerus manghadapi kejutan-kejutan dalam perang dagang," tambahnya.

Baca juga: Harga BBM dan Beras Punya Andil Besar terhadap Inflasi 2018

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan inflasi pada Desember 2018 sebesar 0,62 persen. Sehingga secara keseluruhan atau inflasi tahunan (year on year) selama 2018 mencapai 3,13 persen.

"Pada Desember inflasi tercatat 0,62 persen. Dengan inflasi ini berarti inflasi tahun kalender sebesar 3,13 persen," kata Kepala BPS Suhariyanto di Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2019).




Close Ads X