Menko Darmin Tekankan Pentingnya Integritas di Pasar Modal

Kompas.com - 02/01/2019, 16:40 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin NasutionKOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution

JAKARTA, KOMPAS.com -Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan pentingnya integritas dalam perdagangan di pasar modal. Dengan integritas, maka akan lahir efisiensi dan penurunan risiko dalam aktivitas perdagangan.

"Pentingnya menegakkan integritas pasar modal. Itu adalah modal kita melahirkan efesiensi di pasar modal, menurunkan risiko," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Jaakarta, Rabu (2/1/2019).

Darmin menilai, selama 2018 lalu kondisi pasar modal di Indonesia terbilang stabil dan aman.  Ini terjadi meskipun gejolak perekonomian global terus terjadi sepanjang tahun lalu.

"Integritas tidak bisa lahir dengan sendirinya," ungkapnya.

Baca juga: Tumbuh 44 Persen, Jumlah Investor Pasar Modal di 2018 Capai 1,6 Juta

Menurut Darmin, sejauh ini kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah sudah berjalan baik dan integritas yang diharapkan masih terjaga.

Darmin juga mengapresiasi Otoritas Jasa Keuagan (OJK) bersama Self Regulatory Organization (SRO) yang telah bekerja keras dan cepat menghadapi tantangan global. Sehingga, kinerja pasar modal Indonesia tetap relatif baik.

"Saya mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan di industri jasa keuangan, senantiasa bekerja cepat dan keras. Agar kondisi pasar modal tetap kondusif bagi investor domestik maupun internasional atau asing," imbuhnya.

Di samping itu, ia menilai keberadaan pasar modal bukan hanya pelengkap pembiayaan selain perbankan. 


"Kita dari puluhan tahu lalu, selalu mengucapkan pendalaman pasar. Tapi kita tidak pernah cukup berhasil melakukannya," terangnya.




Close Ads X