Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Angkasa Pura I Targetkan Pendapatan Rp 10 Triliun

Kompas.com - 02/01/2019, 18:45 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) menargetkan bisa melayani 101 juta penumpang pada 2019. Target ini lebih besar dari capaian di 2018, yakni 96,5 juta penumpang.

"Kami menargetkan pendapatan di atas Rp 10 triliun, meningkat 16,5 persen dibandingkan dengan pendapatan tahun 2018, dengan laba bersih di atas Rp 2 triliun atau meningkat 18 persen,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/1/2019).

Faik menambahkan, untuk meningkatkan jumlah penumpang, beberapa strategi akan dilakukan Angkasa Pura I. Strategi yang disiapkan antara lain melakukan pemasaran destinasi, pengembangan rute, dan peningkatan frekuensi maskapai penerbangan.

"Sedangkan bagi para pengguna jasa bandara, inovasi layanan untuk semakin meningkatkan ‘customer experience’ mulai dari akses masuk ke bandara hingga penumpang boarding akan terus ditingkatkan. Customer experience ini juga dilakukan lewat implementasi teknologi digital yang inovatif," kata Faik.

Baca juga: Sepanjang 2018, Angkasa Pura I Layani 96,5 Juta Penumpang

Faik menuturkan, Angkasa Pura I menyiapkan investasi sebesar Rp 17,24 triliun untuk digunakan sepanjang 2019. Sebanyak Rp7,9 triliun di antaranya digunakan untuk pembangunan empat proyek bandara, yaitu pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, dan Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar.

"Lalu Rp 5,8 triliun untuk pengembangan bandara-bandara lainnya serta Rp 3,5 triliun untuk investasi operasional, termasuk pengembangan bandara dari Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Kementerian Perhubungan,” ucap dia.

Pun pada tahun 2019 ini, Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin ditargetkan dapat mulai melayani penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com