Terapkan Resolusi Ini di Tahun 2019 Agar Kariermu Melesat

Kompas.com - 03/01/2019, 11:00 WIB
Ilustrasi iStockphoto/Jacob Ammentorp LundIlustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Banyak orang menetapkan tujuan tahun baru dengan antusias, tetapi menjalankan dan mewujudkannya adalah cerita lain. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa 80 persen resolusi Tahun Baru gagal pada minggu kedua Februari.

Mengutip dari CNBC, Kamis (3/1/2019), penulis dan kontributor CNBC Suzy Welch mengatakan bahwa mengadopsi satu kebiasaan sehari-hari yang sederhana "benar-benar dapat mengubah karier Anda" pada tahun 2019.

"Buat jurnal kerja. Gunakan untuk merekam apa yang Anda mulai, capai, pelajari, atau bahkan dikacaukan, tulis di dalamnya setiap hari,” jelas Suzy.

Ia menambahkan, menulis entri jurnal pendek yang terdiri dari 50 kata atau kurang, dapat membantu Anda melacak semua yang Anda alami di tempat kerja. Hal itu juga memungkinkan Anda menggunakannya untuk memeriksa perkembangan Anda, menyelesaikan tugas dan merencanakan hal yang akan datang.

Meninjau Jurnal

Meninjau jurnal harian Anda juga merupakan cara terbaik untuk mempersiapkan penilaian kinerja kerja Anda berikutnya.

"Sebagian besar, Anda dan atasan Anda cenderung berfokus pada apa yang terjadi dalam dua hingga tiga bulan sebelumnya, di mana hal tersebut hanya memberikan sedikit dari semua prestasi Anda secara keseluruhan," katanya.

Namun, dengan menulis jurnal setiap hari dan meninjau apa yang Anda alami dan kerjakan, Suzy mengatakan Anda dapat mengubah ulasan Anda menjadi percakapan mendalam tentang ruang lingkup prestasi Anda dan bagaimana Anda menghadapi tantangan dalam pekerjaan sepanjang tahun.

"Ada alasan kedua, yang lebih pribadi untuk membuat jurnal, dan itu untuk refleksi Anda sendiri, terutama jika Anda sampai pada titik di mana Anda berpikir tentang meninggalkan pekerjaan Anda saat ini,” paparnya.

Dengan jurnal tersebut, Anda akan dapat "melihat garis besar pengalaman Anda" dalam hal apa yang Anda pelajari, bagaimana Anda telah tumbuh baik dalam keadaan menguntungkan atau merugikan sekalipun.

Suzy mengatakan, cara ini bisa diterapkan sesuai kebisaan mengisi jurnal Anda, baik secara tradisional menggunakan buku ataupun lewat digital.

“Bagaimana Anda membuat jurnal tidak penting dibandingkan memastikan Anda menyimpan dan mengerjakannya,” tuturnya.

"Dengan menyisihkan beberapa menit sehari, Anda dapat meningkatkan ulasan kinerja Anda secara signifikan dan mendapatkan wawasan yang sangat berharga tentang karier Anda," tandasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X