Jasa Penulisan "Caption" Medsos, Upaya Penuhi Kebutuhan "Engagement"

Kompas.com - 04/01/2019, 07:07 WIB
Ilustrasi media sosial ViewApartIlustrasi media sosial

KOMPAS.com - Baru-baru ini di media sosial ramai dengan pemberitaan adanya jasa pemesanan caption yang dilakoni oleh penulis Zarry Hendrik.

Awalnya, Zarry membuka layanan penulisan caption ini untuk perorangan dengan tarif yang bervariasi sejak Desember 2018.

Karena jasa yang ia geluti terbilang unik, sontak beberapa warganet turut memesan. Selain itu, banyak juga yang ikut terlibat dalam keramaian soal "bisnis caption" ini.

Menanggapi jasa pemesanan caption itu, pengamat media sosial Nukman Luthfie menilainya secara positif. 

"Bagus dong, itu kan segmen pasar baru," ujar Nukman Luthfie saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (3/1/2019).

Menurut Nukman, kemunculan jasa ini didasarkan pada keinginan seseorang agar aktivitasnya di media sosial mendapat perhatian. Dalam hal ini, tentu saja perhatian itu adalah banyaknya likes dan komentar dalam setiap post.

Nukman juga menjelaskan bahwa munculnya jasa penulisan caption ini biasanya berawal saat post yang ditulis seseorang jarang mendapat respons.

"Dia pengin engagement (keterikatan atau interaksi dengan followers) yang tinggi, terus viral, kemudian ingin postingan-nya disebar ke mana-mana. Kan kalau dari tulisan profesional pasti bagus caption-nya," ujar Nukman.

Baca juga: Demi Eksis di Medsos, Banyak Orang Pinjam Barang Belanjaan

Jasa penulisan

IlustrasiMashable Ilustrasi
Jika kita kembali ke era di mana blog menjadi salah satu tempat untuk berbagi tulisan sekaligus informasi, maka penulis blog juga laku di pasaran pada zamannya.

"Kalau dulu zaman blog kan masih ada orang jadi penulis blog untuk kepentingan orang lain, jasa copywriter, kan bertebaran di mana-mana," ujar Nukman.

Era ini kemudian mulai bergeser ke platform media sosial. Sama seperti blog, ada kebutuhan akan pemesanan penulisan yang dianggap memiliki dampak bagi pembacanya.

"Ada orang-orang memang kesulitan untuk menuliskan caption. Fotonya bagus tapi caption-nya membingungkan. Nah, inilah yang membuat jasa penulisan caption jadi menarik," kata Nukman.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X